05 July 2020, 10:23 WIB

Pasien Covid yang Sembuh di Kalsel Hampir 1.000 Orang


Denny Susanto | Nusantara

Jumlah pasien penderita virus korona (covid -19) di Kalimantan Selatan yang berhasil disembuhkan terus meningkat dan sudah hampir 1.000 orang. Tim Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) terus melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus korona di seluruh wilayah Kalsel.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel, Muslim, Minggu (5/7), mengatakan terus meningkatnya jumlah pasien covid yang berhasil disembuhkan memberikan harapan besar baik kepada pemerintah daerah maupun masyarakat bahwa pandemi virus korona ini dapat diatasi.

"Kita optimistis pandemi covid ini dapat kita atasi, namun diperlukan kedisiplinan masyarakat luas untuk mematuhi protokol kesehatan serta menjalankan hidup sehat," tutur Muslim.

Baca Juga: Asrama Haji Kalsel Akan Jadi Lokasi Karantina Penderita Korona

Sejauh ini jumlah pasien penderita virus korona yang sembuh di Kalsel tercatat hampir 1.000 orang atau tepatnya 923 orang dengan persentase mencapai 26,2%. Sedangkan jumlah penderita meninggal dunia sebanyak 198 orang atau 5,6%. "Ada penambahan pasien sembuh 33 orang sehingga total pasien sembuh menjadi 923 orang dan meninggal dunia bertambah dua orang menjadi 198 orang," ujarnya.

Namun demikian Provinsi Kalsel masih tercatat sebagai salah satu provinsi tertinggi penyebaran virus korona di tanah air. Berdasarkan data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel, hingga Minggu (5/7) siang jumlah kasus positif virus korona di wilayah ini sebanyak 3.520 kasus. Terjadi penambahan kasus positif baru 73 orang.

Penambahan kasus positif baru terbanyak berasal dari Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru. Saat ini masih ada 2.399 penderita virus korona yang dirawat di berbagai rumah sakit dan lokasi karantina khusus.

Baca Juga: Dekati 500 Kasus Penyebaran Coid-19 di Kalsel Mengkhawatirkan

Data gugus tugas juga menunjukkan Kota Banjarmasin merupakan penyumbang kasus positif covid terbanyak di Kalsel yakni 1.480 orang disusul Kabupaten Banjar 369 orang, Kabupaten Barito Kuala 285 orang, Kabupaten Tanah Laut 278 orang dan Kota Banjarbaru 264 orang.

Lebih jauh dikatakan Muslim pihaknya melalui Tim KIE terus melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus korona di seluruh wilayah Kalsel guna memutus rantai penyebaran covid-19 di tengah masyarakat. (Denny S/DY/OL-10)

BERITA TERKAIT