05 July 2020, 09:55 WIB

Salep Zambuk juga Dipalsukan, Badan POM Peringatkan Masyarakat


Zubaedah Hanum | Humaniora

BADAN Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) Republik Indonesia mengungkap 23 jenis obat tradisional dan suplemen kesehatan palsu dalam suratnya tertanggal 1 Juli 2020. Barang yang berstatus ilegal itu dinyatakan tidak terjamin keamanan, manfaat, dan mutunya.

"Badan POM masih menemukan adanya peredaran produk yang sudah pernah dilakukan public warning tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu masyarakat harus lebih waspada serta tidak mengonsumsi produk–produk sebagaimana tercantum dalam lampiran public warning ini, ataupun yang sudah pernah diumumkan dalam public warning sebelumnya," ucap Kepala Badan POM RI Penny K Lukito dalam rilisnya.

Sebelum membeli, Penny meminta masyarakat selalu Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, Kedaluwarsa). Pastikan kemasan dalam kondisi baik, baca informasi produk yang tertera pada labelnya, memiliki Izin edar Badan POM, dan tidak melebihi masa kedaluwarsa.

Dalam lampiran Public Warning No HM.01.1.2.07.20.20 tertanggal 1 Juli 2020 tentang Waspada Produk Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan Palsu, terdapat 23 jenis produk palsu yang diidentifikasi. Produknya mulai dari minyak kayu putih, vitamin C, obat tetes mata sampai obat pelangsing.

Salah satu produk yang dipalsukan adalah salep Zambuk dengan nomor izin edar resmi : QI 104 708 861 yang sudah dikenal lama oleh masyarakat. Salep ini biasa digunakan untuk meredakan memar, nyeri akibat terkilir, gatal akibat gigitan serangga dan nyamuk.

Produk asli Zambuk dibuat oleh Interthai Pharmaceutical Manufacturing Ltd dan diimpor oleh PT Bayer Indonesia dengan ciri-ciri fisik, karton didominasi warna hijau, terdapat logo Bayer di pojok kiri bawah.

Untuk versi palsunya, Badan POM merilis dua jenis produk Zambuk dari produsen yang berbeda, yaitu buatan Thailand dan versi Fisions.

Badan POM memberikan sejumlah ciri-ciri penanda 'Zambuk' palsu agar masyarakat tidak salah membeli, yakni :

1. Produk Zambuk versi Thailand
- Warna box kemasan sekunder berwarna putih
- Produsen : IDS Manufacturing Ltd
- Teks font nomor bets, tanggal pembuatan dan tanggal kedaluarsa berbeda dengan font pada Zambuk asli

2. Produk Zambuk versi Fisions
- Karton didominasi warna hijau (lebih muda dari Zambuk asli)
- Ada tulisan Manufactured in England by Fisions.

Baca juga : Minyak Kayu Putih Palsu Beredar, Kenali Bedanya

Baca juga : Obat Tradisional Ilegal Banyak Gunakan Izin Edar Fiktif

Menurut Kepala Badan POM, temuan obat tradisional, suplemen kesehatan dan kosmetik ilegal, termasuk yang palsu tersebut didapat dari hasil pengawasan di lapangan dan pengawasan di media daring.

"Obat tradisional, kosmetik, dan suplemen kesehatan ilegal termasuk palsu tersebut, tidak terjamin keamanan, manfaat, dan mutunya," pungkas Penny. (H-2)

 

BERITA TERKAIT