05 July 2020, 08:10 WIB

Belajar Daring bukan cuma Memindahkan Kelas dari Fisik ke Digital


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

SITUASI pandemi covid-19 menyebabkan pelaksanaan Tahun Ajaran Baru dan Tahun Akademik Baru 2020/2021 masih dilakukan secara daring. Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional dr Reisa Broto Asmoro mengatakan proses belajar jarak jauh bukan memindahkan kelas dari ruang fisik ke digital.

"Sesi online harus dibuat menjadi riang gembira, dan penuh interaksi, serta mudah mentransfer ilmu pengetahuan adalah dengan berkreasi, dan tentunya dengan bekerja sama. Pastikan juga semua pihak sudah paham dengan cara mengoperasikan alat teknologi," kata Reisa, Sabtu (4/7).

Untuk teknisnya, lanjut Reisa, guru atau dosen harus membagi kelas menjadi kelompok belajar yang kecil agar waktu belajarnya lebih efektif. Tugas kelompok yang memerlukan kolaborasi, bisa dijadikan tantangan atau lomba agar lebih menarik.

Guru atau dosen juga harus mengalokasikan waktu bagi muridnya yang tertinggal atau kurang dapat memahami sesi pembelajaran.
Fokus dan kuatkan pada subjek pelajaran yang dapat ikut membantu kemampuan para murid, untuk bisa sukses di pelajaran manapun,seperti, bahasa dan sains.

"Amati, tiru, modifikasi, dan lihat cara guru lain belajar, dan yang pastinya yang bagus itu yang menjadi contoh. Tanya tips dan triknya. Begitu juga dengan para murid, tanyakan bagaimana teman bisa mengikuti pembelajaran dengan baik, meski melalui online,” paparnya. (H-2)

BERITA TERKAIT