05 July 2020, 00:40 WIB

Perjudian Verstappen untuk Ganjal Mercedes


Agus Triwibowo | Olahraga

MAX Verstappen mengakui bahwa tim Mercedes berada di level yang berbeda dengan tim balap Formula Satu (F1) yang dia bela, Red Bull. Tetapi pembalap asal Belanda itu sesumbar mewujudkan hattrick di seri pembuka di Grand Prix Austria, Minggu (5/7) malam, setelah memenangi pada 2018 dan 2019.

Verstappen berada di posisi start ketiga di belakang dua pembalap terdepan yang didominasi Mercedes, Valtteri Bottas dan juara dunia enam kali Lewis Hamilton pada kualifikasi di Sirkuit Red Bull Ring, Sabtu (4/7) malam.

Tapi Verstappen berharap keputusan timnya untuk memilih strategi alternatif dengan menggunakan ban yang lebih keras dapat memberinya kesempatan untuk mengganjal keunggulan Mercedes.

Bottas dan Hamilton memecahkan rekor tercepat saat mereka mendominasi kualifikasi. Bottas, pembalap asal Finlandia, mengungguli rekan setimnya untuk pertama kalinya akhir pekan ini dengan selisih 0,012 detik. Padahal Bottas sempat keluar lintasan dengan menerjang perangkap kerikil di putaran terakhir.

Verstappen tertinggal lebih dari setengah detik dan menempati posisi start ketiga. Dia mengakui mobil RB16-nya tidak bisa menyaingi laju mobil tim 'panah hitam' Mercedes yang kali ini bernuansa hitam bukan berwarna silver seperti biasanya. 

Tapi, Verstappen berharap keputusannya untuk menggunakan ban medium saat kualifikasi kedua--dan bakal dipakai ketika start--bakal  memberinya strategi yang berbeda dan kesempatan untuk mengambil kendali.

"Saya senang, pertama-tama, menjadi posisi start ketiga (P3), tetapi juga kami memiliki ban awal yang berbeda. Ini akan menarik," ungkap Verstappen. Itu berarti dia bakal lebih lama berada di lintasan pada awal lomba ketimbang duo Mercedes yang memakai ban jenis lunak (soft).

"Besok (balapan Minggu, 5/7) akan sedikit lebih panas, jadi saya harap ini menguntungkan kami. Hari ini (kualifikasi Sabtu, 4/7), Mercedes berada di level yang berbeda, tapi mari kita lihat apa yang bisa kita lakukan besok."

"Tahun lalu, kami juga sedikit tercecer di kualifikasi sehingga saya berharap kami sedikit lebih baik di balapan. Sekarang saya satu-satunya di ban yang berbeda di posisi start sepuluh besar, jadi saya hanya menantikannya," tambah Verstappen. (AFP/R-2)

BERITA TERKAIT