04 July 2020, 23:51 WIB

Tito Karnavian ingin Milenial Memanasi Calon Kepala Daerah


Antara | Politik dan Hukum

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengajak kaum milenial berpengaruh (influencer) di media sosial agar mau turut membantu pemerintah meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilihan kepala daerah serentak 2020.

Secara khusus Tito menyampaikan keinginannya para influencer itu memanas-manasi calon kepala daerah soal isu penanganan covid-19 di daerah selama tahapan pemilihan kepala daerah serentak 2020 berlangsung.

Tito berharap dengan perilaku influencer tersebut, maka tingkat keaktifan calon kepala daerah dalam upaya menurunkan angka penularan covid-19 di daerah semakin meningkat.

"Kita bawa Pilkada kita menjadi isu sentral, dan dorong juga untuk stimulasi ekonomi supaya ada gerakan masif oleh para kontestan, bagi-bagi masker, hand sanitizer, itu pasti akan berpengaruh kepada penurunan kurva yang positif di daerah masing-masing," ujar Tito dalam seminar daring yang berlangsung di Jakarta, Sabtu (4/7).

Tito optimistis bahwa perhelatan Pilkada serentak 2020 akan menurunkan kurva penularan covid-19 di setiap daerah karena semua kontestan Pilkada berupaya berbuat sesuatu untuk daerah pemilihannya.

Dengan permainan isu penanganan covid-19 di daerah dan dampak sosial-ekonomi oleh para influencer di media sosial, maka isu-isu primordial yang memicu konflik menjadi tertekan.

"Isu masalah kesukuan, kekerabatan. Isu masalah kekerasan, keturunan, dan isu paling sensitif, masalah keagamaan. Ini menjadi tertekan. Karena lebih penting masalah covid-19 yang menyentuh hajat hidup semua orang," ujar Tito. (OL-12)

BERITA TERKAIT