04 July 2020, 16:49 WIB

Melalui Desain Helm, Lewis Hamilton Suarakan Kesetaraan


Deden Muhamad Rojani | Olahraga

JUARA dunia Formula 1, Lewis Hamilton, meluncurkan desain helm baru untuk musim kompetisi 2020. Pembalap asal Inggris mengampanyekan slogan “Black Lives Matter”, yang tertulis pada helm dengan dominasi warna hitam dan ungu

Pembalap juara enam kali itu gencar mendukung kampanye kesetaraan ras, sejak kematian pria kulit hitam bernama George Floyd di Amerika Serikat. Hamilton menyebut helm yang dipakainya sebagai dukungan terhadap keseteraan.

Mobil Hamilton W11 Hamilton juga diwarnai cat hitam, bukan warna silver seperti sebelumnya. Warna baru itu memiliki pesan kepada dunia untuk segera mengakhiri rasisme.

Baca juga: Red Bull Protes Sistem Kemudi Mercedes

"Kami sudah lama merencanakan perubahan untuk mobil dan setelannya. Saya juga merancang helm khusus dalam warna hitam," ujar Hamilton.

"Ini mendukung kesetaraan di atas segalanya. Kami memiliki “microphone” dan orang-orang mulai mendengarkan. Jadi ini kesempatan untuk mendorong pesan itu,” lanjutnya.

"Jika seseroang berkata kepadamu ‘kami telah melakukan sesuatu’ atau ‘kami sudah berusaha’,  mereka perlu berusaha lebih keras. Karena rasisme masih menjadi masalah besar,” pungkas Hamilton.

Ajang balap Formula 1 kembali dimulai, setelah terhenti selama tujuh bulan akibat pandemi. Kendati demikian, kompetisi dilaksanakan dengan protokol ketat untuk mencegah penyebaran covid-19.(AFP/OL-11)

 

BERITA TERKAIT