04 July 2020, 15:40 WIB

Mentan: Kalung Antivirus Akan Diproduksi Massal Bulan Depan


M. Ilham Ramadhan Avisena | Humaniora

MENTERI Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, pihaknya melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangan) akan memproduksi secara massal kalung antivirus pada Agustus 2020. Dari hasil risetnya, kalung antivirus itu dapat membunuh virus korona.

"Ini antivirus dari hasil Balitbangan dari eucalyptus, pohon kayu putih. Dari 700 ini hanya satu yang bisa menghentikan korona, hasil lab kita. Kita yakin bulan depan ini udah dicetak massal," ungkap Syahrul dikutip dari video konferensi persnya, Sabtu (4/7).

Ia menambahkan, bila kalung antivirus itu dipakai selama 15 menit maka dapat mematikan virus korona hingga 42%. Dan bila pemakaiannya hingga 30 menit, maka virus baru tersebut akan lenyap hingga 80%.

Selain diproduksi dalam bentuk kalung, nantinya antivirus berbahan dasar eucalyptus tersebut juga dibuat ke dalam bentuk cairan yang dapat dioleskan ke beberapa bagian tubuh.

"Kalau kontaknya dia lebih dari 15 menit, dia bisa membunuh 42% dari korona. Kalau dia setengah jam, bisa sampai 80%. Ada rollnya, kalau dulu kita kena pisau dan berdarah, dikasih ini sembuh dia. Ini buatan Indonesia kok," jelas Syahrul.

Diketahui eucalyptus merupakan tanaman sejenis pohon yang dapat dijumpai di Australia. Beberapa jenis tanaman tersebut tumbuh pula di Papua Nugini dan Indonesia. (OL-4)

BERITA TERKAIT