04 July 2020, 14:30 WIB

Riau Masuk 8 Nominasi Anugerah Pesona Indonesia


Rudi Kurniawansyah | Nusantara

SEBANYAK lima destinasi objek wisata, dua jenis kuliner dan satu kebudayaan yang ada di Provinsi Riau masuk nominasi pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API).

"Alhamdulillah Provinsi Riau masuk 8 dari 20 nominasi dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia," kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Yan Prana Jaya di Pekanbaru, Sabtu (4/7).

Yan menjelaskan sebanyak 8 nominasi tersebut yakni kategori nominasi Promosi Pariwisata Digital oleh Pariwisata Pelalawan yang ada di Kabupaten Pelalawan. Brand Pariwisata oleh The Home Land of Melayu Provinsi Riau.

Selanjutnya, Festival Pariwisata oleh Siak Bermadah Kabupaten Siak. Ekowisata oleh Mangrove Banglas Kepulauan Meranti dan Surga Tersembunyi dari Batu Tilam Kabupaten Kampar.

Yan menambahkan, nominasi Makanan Tradisional Terpopuler oleh Sempolet Kabupaten Meranti. Minuman Tradisional Terpopuler dari Air Mato Bejando Kabupaten Pelalawan. Serta Atraksi Budaya oleh Bokoba Kabupaten Rokan Hulu.

Baca juga: Riau Raih Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2017

Untuk pengumuman juara API tersebut, Sekda Riau menyebut akan diumumkan pada Desember 2020.

Untuk itu, Yan Prana mengajak seluruh masyarakat Riau agar memberikan dukungan dan doa supaya 8 nominasi Riau terpilih sebagai pemenang.

"Mari kita dukung dan doakan supaya 8 nominasi tersebut terpilih sebagai pemenang dan memotivasi khazanah budaya yang lain juga ikut masuk nominasi," ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rakhmat mengatakan kegiatan API merupakan ajang promosi pariwisata Riau di tingkat nasional, bahkan mancanegara.

Roni berharap pada API 2020 Provinsi Riau dapat memberikan dukungan agar bisa meraih juara umum.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pelaku sektor pariwisata, kuliner dan kebudayaan yang telah berhasil masuk 8 nominasi dalam ajang Anugerah Pesona Indonasia. Karena berkat dedikasi dan usahanya sektor pariwisata, kuliner dan kebudayaan Riau makin dikenal luas di penjuru negeri," ujarnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT