04 July 2020, 13:06 WIB

Belum Ada Vaksin Covid-19, Wagub DKI: Tetap di Rumah


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengimbau warga yang tidak memiliki kepentingan aktivitas di luar agar tetap berada di rumah. Tujuannya, mencegah penularan covid-19 di tengah masyarakat.

Apalagi sampai saat ini wilayah Jakarta belum bebas dari covid-19. Kasus covid-19 dilaporkan masih bertambah sesuai hasil “active case finding” yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Kita sudah memperkuat tes dan memang dari situ masih ditemukan. Tapi kita senang karena bisa menekan penyebaran (covid-19) dengan isolasi dan pengobatan. Saya ingatkan virus masih ada. Oleh karena itu, tetap di rumah bagi yang tidak memiliki aktivitas penting," pungkas Ariza, sapaan akrabnya, Sabtu (4/7).

Baca juga: Lawan Covid-19, Eijkman Siapkan Vaksin Merah Putih

Ariza juga meminta masyarakat yang beraktivitas di luar untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Seperti, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Meski negara maju telah menemukan vaksin covid-19, namun dibutuhkan waktu untuk distribusi vaksin.

"Vaksin sudah ditemukan, tapi masih harus diuji lagi ke puluhan ribu orang. Menguji juga butuh waktu. Uji selesai, harus bangun pabrik untuk produksi. Di negara tempat pabrik berdiri yang didahulukan, baru diekspor ke negara lain. Saya perkirakan bisa 1-3 tahun lagi kita dapat vaksin," jelas Ariza.

Selama menunggu vaksin covid-19 bisa sampai ke Indonesia, dirinya berharap masyarakat tetap patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan.(OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT