04 July 2020, 09:58 WIB

Himbara Siap Jadi Katalisator Pemulihan Ekonomi


Des/E-3 | Ekonomi

HIMPUNAN Bank Milik Negara (Himbara) dan industri jasa keuangan lainnya menegaskan kesiapan mereka untuk menjadi katalisator bagi percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Kesiapan itu ditegaskan dalam pertemuan dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Bank Himbara dan industri jasa keuangan lainnya siap menjadi katalisator untuk mempercepat pemulihan sektor riil dan pemberian stimulus kredit modal kerja oleh pemerintah. Industri perbankan optimistis bahwa kredit akan tumbuh positif pada akhir tahun ini,” ung kap Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo, kemarin.

Anto menegaskan sebagai bentuk dukungan terhadap kebi-jakan penempatan uang negara, bank Himbara juga siap untuk melakukan langkah-langkah yang dapat mengoptimalkan pelaksanaan kebijakan yang diamanatkan pemerintah.

Dalam hal ini, OJK mengatakan akan melakukan pemantauan progres pelaksanaan dan realisasi penempatan uang negara di bank Himbara tersebut.

“Selain itu, OJK juga akan me lakukan review atas pelaksanaan kebijakan restrukturisasi oleh industri perbankan dan perusahaan pembiayaan agar nasabah benar-benar mendapat manfaat dari kebijakan restrukturisasi,” sambungnya.

Sementara itu, untuk mendorong pemberian kredit modal kerja ke sektor riil, OJK juga menekankan akan menjemba tani penyamaan kebutuhan (matching) antara pelaku usaha dan sektor jasa keuangan yang didukung pembukaan aktivitas ekonomi masyarakat untuk meningkatkan demand masyarakat.

“OJK akan terus berkoordinasi dengan asosiasi pelaku usaha dan asosiasi industri jasa keuangan untuk mempercepat pemberian stimulus modal kerja dan memastikan pelaksanaan-nya dapat tepat sasaran,” pungkas Anto.

Dia menegaskan OJK juga akan memantau kemajuan pelaksanaan dan realisasi penempatan uang negara di bank Himbara. (Des/E-3)

BERITA TERKAIT