03 July 2020, 22:07 WIB

Kecepatan Internet di Indonesia Masih di Bawah Tiga Negara ASEAN


Deri Dahuri | Teknologi

BERMAIN game, menjelajah media sosial, serta mencari informasi semakin terasa menyenangkan berkat kehadiran internet. Tetapi, kerap muncul keluhan mengenai performa akses internet.

Baru-baru ini, berusahaan penyedia game terbesar di dunia, Steam merilis performa penyedia internet di dunia. Salah satu negara yang tercatat di data resmi Steam yaitu Indonesia.

Berdasarkan data Steam, pengguna Indonesia yang mengakses layanan game itu memiliki kecepatan rata-rata 11 Mbps. Rata-rata kecepatan internet di Tanah Air masih berada di belakang kecepatan penyedia internet di Malaysia dengan kecepatan 33,9 Mbps.

Sementara itu, Vietnam memiliki laju akses rata-rata sebanyak 40,3 Mbps dan Thailand memiliki akses rata-rata internet sebesar 74,9 Mbps.

Negara yang memiliki akses internet tercepat rata-rata di kawasan Asia Tenggara yaitu Singapura. Akses rata-rata internet di ‘Negeri Singa’ mencapai 100 Mbps.

Adapun akses rata-rata terendah di Asia Tenggara berada di Laos. Menurut Steam, akses rata-rata internet di Laos hanya 8,8 Mbps.

Steam melakukan catatan pada 10 Internet Service Provider (ISP) populer di Indonesia. Steam membagikan informasi mengenai rata-rata kecepatan download (unduh) dari masing-masing client.

Berdasarkan catatan Steam, PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) menduduki posisi teratas dalam kecepatan download rata-rata. Kecepatan download Moratelindo tercatat mencapai 40,1 Mbps.

Produk layanan internet milik Moratelindo yaitu Oxygen.id. Layanan internet Oxygen.id dikenal memiliki stabilitas berselancar internet, main game online, video streaming, dengan internet rumah yang sebenarnya serta beragam layanan hiburan.

Layanan internet unlimited Oxygen.id terkoneksi dengan fiber super cepat untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan bisnis, informasi dan hiburan.

Di bawah PT Mora Telematika Indonesia diisi MyRepublic ID dengan kecepatan rata-rata 35,9 Mbps, Biznet Networks (28,4 Mbps), PT Cyberindo Aditama (23,7 Mbps), FirstMedia (16 Mbps), PT Cemerlang Multimedia (13,8 Mbps), PT MNC Kabel Mediacom (12,2 Mbps), MNC Playmedia (11,9 Mbps), PT Telkom Indonesia (7,1 Mbps), dan Telkomsel dengan 6,7 Mbps.

"Catatan ini tentu menggembirakan. Sebab, kemampuan ini sesuai dengan harapan Moratelindo untuk terus menyediakan akses internet yang memuaskan bagi pelanggan," kata perusahaan dalam sebuah rilis yang dikutip, Jumat (3/7).

Dirilisnya data tesrebut dapat membuat masyarakat semakin terbuka mengenai kualitas penyedia internet yang bermutu dan stabil. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT