03 July 2020, 17:40 WIB

Sinar Mas Land Gelar Festival Hijau BSD City


RO | Humaniora

SINAR Mas Land menyelenggarakan Festival Hijau BSD City ke-17 secara online dan terbuka untuk umum. Ini dilakukan dalam rangka mengapresiasi Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni lalu. Kegiatan tersebut bertujuan memotivasi masyarakat agar lebih peduli pada lingkungan dengan melakukan tindakan nyata.

Festival Hijau BSD City pada tahun ini mengangkat tema 'Memberdayakan masyarakat dalam membangun ketahanan pangan'. Acara tersebut hadir dalam bentuk kampanye yang sarat edukasi kepada masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri, terutama dalam menyiasati masa pandemi covid-19 melalui budi daya sayuran, pengolahan pangan, maupun pemanfaatan limbah rumah tangga. Edukasi diberikan oleh Supendi Akbar SPd, seorang praktisi pendidikan dan penggiat lingkungan.

Rangkaian Festival Hijau BSD City ke-17 dimulai sejak 12 Mei 2020 dengan sosialisasi kegiatan dilanjutkan dengan beragam edukasi lingkungan bertajuk Ketahanan Pangan (18 Mei 2020), Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (2 Juni 2020), Pembibitan dan Penanaman (8 Juni 2020), dan Pembuatan Pupuk Organik (15 Juni 2020).

Setelah itu, ada pemberian bantuan obat-obatan penghilang bau sampah kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan, khususnya untuk TPA Cipeucang.

Festival itu diselenggarakan juga secara internal dengan webinar bertema 'Bijak menangani sampah melalui pemanfaatan sampah individu', khusus untuk karyawan Sinar Mas Land dan pilar usaha lain dari Sinar Mas.

Puncak acara Festival Hijau BSD City ke-17 berlangsung pada Jumat (3/7), secara virtual diawali dengan sambutan dari Monik William (Deputy Group CEO Sinar Mas Land), A Zaki Iskandar (Bupati Tangerang), Airin Rachmi Diany (Wali Kota Tangerang Selatan) dan jajaran Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Seremoni Penanaman bibit pohon dan berbagai aktivitas lingkungan yang dilakukan para peserta Festival Hijau dan karyawan Sinar Mas Land serta karyawan pilar usaha Sinar Mas, baik di lingkungan tempat tinggal maupun tempat bekerja. Acara itu berlangsung secara virtual dan dapat disaksikan melalui aplikasi Zoom oleh seluruh peserta.

Festival Hijau kali ini dimeriahkan pertunjukan musik dari Dik Doank yang akan membawakan lagu Rumahku Surgaku. Keseluruhan acara tersebut dilakukan secara online untuk menyiasati pademi Covid-19 yang masih berlangsung.

"Secara konsisten, Sinar Mas Land melalui PT BSD terus berupaya mengedukasi masyarakat untuk bijak dalam mengelola sampah rumah tangga. Melalui berbagai kegiatan lingkungan, di antaranya Festival Hijau yang telah kami selenggarakan sebanyak 17 kali ini, kami ingin masyarakat terlibat aktif dalam pelestarian lingkungan, termasuk dengan mengurangi produksi sampah, dimulai dari diri sendiri dan keluarga sebagai bagian yang terkecil dalam masyarakat," ujar Monik William, Deputy Group CEO Sinar Mas Land melalui siaran pers.

Oleh karenanya, pihaknya secara berkesinambungan mensosialisasikan maupun mengedukasi masyarakat, mulai dari para pelajar, para pendidik maupun tokoh masyarakat, bahkan sampai karyawan Sinar Mas land.

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar menyatakan mengucapkan terima kasih kepada Sinar Mas Land atas kegiatan corporate social responsibility (CSR) lingkungan melalui Festival Hijau. Ia menilai kegiatan itu memberikan edukasi lingkungan kepada masyarakat Kabupaten Tangerang dan sekitarnya.

Acara itu juga ditanggapi positif oleh Airin Rachmi Diany, Wali Kota Tangerang Selatan. Menurut Airin, Festival Hijau merupakan kegiatan yang sangat baik dan perlu didukung. Ia pun berharap semakin ada banyak pihak lain yang peduli pada upaya pembangunan lingkungan hidup. (S-1)

BERITA TERKAIT