03 July 2020, 16:55 WIB

Relawan Indonesia Bersatu Salurkan Bantuan Korona di Jaktim


Ant | Humaniora

RELAWAN Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 bersama Rumah Sandiaga Uno Indonesia menyalurkan bantuan sembako kepada warga kurang mampu di RT 1, RW 2 Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (3/7).

Total sebanyak 350 paket sembako diberikan kepada warga yang sebagian besar berprofesi sebagai buruh harian lepas dan pedagang kaki lima di sekitar bantaran sungai Ciliwung tersebut.

Ketua Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Sandiaga Uno mengatakan, lesunya perekonomian warga dan rendahnya daya beli masyarakat membuat dirinya tergerak untuk membantu warga.

""Hari ini, Relawan Indonesia Bersatu dan Rumah Sandiaga Uno Indonesia memberikan bantuan 350 paket sembako. Kita harapkan bantuan ini bisa meringankan beban ekonomi masyarakat ,” ujar Sandiaga Uno.

Meringankan beban ekonomi warga di kawasan zona merah daerah penyebaran Covid 19, lanjut Sandiaga, merupakan tanggung jawab moral yang harus dilakukan.  Menurutnya, pekerja informal merupakan kelompok warga yang rentan akibat hilangnya mata pencaharian mereka.

"Saya mendapat pesan dari warga di lokasi, masih banyak dari mereka yang hilang pendapatan akibat Covid 19. Ini perlu kita sentuh", lanjutnya.

Sementara itu Lurah Kampung Melayu Setiawan berterima kasih atas bantuan sosial yang diberikan Relawan Indonesia Bersatu. 

Menurutnya, warga sangat membutuhkan bantuan tersebut.

"Kami ucapkan terima kasih atas bantuannya kepada warga Kampung Melayu, semoga bisa meringankan beban ekonomi warga," ujarnya.

Harapan yang sama juga dilontarkan warga. Pasalnya, wilayah RW 2, Kelurahan Kampung Melayu merupakan pemukiman padat yang berada di bantaran sungai Ciliwung. 

Warga berharap pemerintah memberikan perhatian lebih kepada masyarakat sekitar.

"Jangan digusur lagi ya pak, bantuan tambah banyak, pengeluaran turun. Kalau bisa uangnya dong, jangan berasnya aja, " canda ibu-ibu kepada Sandi di lokasi.

Menanggapi hal tersebut, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan dirinya terus berkoordinasi dengan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 untuk bersinergi mengatasi dampak ekonomi yang ditimbulkan dari korona.

"Kami siap kumpulkan bantuan sosial untuk masyarakat juga dengan berkonsolidasi dengan dunia usaha," tutur Sandi.

Sandiaga berpesan kepada masyarakat untuk terus disiplin menjaga kesehatan dan mematuhi aturan PSBB pemerintah di tengah pandemi Covid-19. 

Sebab menurutnya, penyebaran Covid-19 tidak pandang bulu. Covid-19 bisa menyerang siapa saja tidak peduli kaya atau miskin. 

Oleh karena itu, Sandi mendukung langkah inovatif dalam usaha ekonomi yang dilakukan oleh warga.

“Tetap produktif menemukan ide-ide baru dan segar agar bertahan dalam kesulitan,” pungkasnya. (OL-8).

BERITA TERKAIT