03 July 2020, 17:04 WIB

Tak Patuhi Protokol Covid-19, Pasar Cipayung Ditutup


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

GUGUS Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kecamatan Cakung menutup sementar Pasar Cakung yang berada di Jalan Bekasi Timur Raya, Kelurahan Cakung Barat, Jakarta Timur, sejak Kamis (2/7).

Camat Cakung Ahmad Salahuddin mengungkapkan, alasan penutupan pasar tersebut lantaran ditemukan pelanggaran dengan tidak mematuhi protokol kesehatan covid-19.

"Protokol kesehatan kurang memadai untuk keselamatan bagi pedagang dan pengunjung pasar. Penutupan pasar Cakung hingga tiga hari kedepan," kata Ahmad dilansir dari website Pemerintah Kota Jakarta Timur, Jakarta, Jumat (3/7).

Menurutnya, penutupan pasar menggunakan beton pembatas jalan untuk akses masuk. Ahmad mengatakan, dengan adanya penutupan tersebut bisa mencegah penularan covid-19. Pasalnya, pasar di Jakarta berpotensi klaster baru untuk penyebaran virus menular tersebut.

Selama masa penutupan Pasar Cakung, dilakukan sterilisasi seluruh lingkungan pasar dengan penyemprotan cairan disinfektan. Ahmad meminta Perumda Pasar Jaya meningkatkan sarana protokol kesehatan sebelum dibuka kembali aktifitas pasar tersebut.

Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI bakal menerjunkan ribuan aparat keamanan gabungan untuk mengawasi ketat pergerakan warga di pasar tradisional. Pasalnya tempat tersebut memiliki probabilitas tinggi penyebaran covid-19.

"Gubernur mengerahkan 5.500 personil untuk disebar ke 148 pasar (di Jakarta) untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan," ungkap Direktur Keuangan dan Administrasi Perusahaan Daerah Pasar Jaya Ratih Mayasari dalam keterangan resminya, Jakarta, Kamis (2/7). (OL-4)

BERITA TERKAIT