03 July 2020, 16:47 WIB

Sebastian Vettel Terkejut, Ferrari Enggan Memperpanjang Kontrak


Deden Muhamad Rojani | Olahraga

SEBASTIAN Vettel mengatakan dia tidak mengharapkan keputusan Ferrari untuk mempertahankannya berkarir setelah musim ini.

Keputusan tersebut mencuat setelah Ferrari mengumumkan bahwa Vettel akan hengkang dari tim Ferrari dan belum pernah ditawari kontrak baru.

Baca juga: Kalahkan Pemain Junior, Praveen/Melati Melaju ke Laga Puncak

Dilansir dari BBC, juara dunia empat kali itu pada hari Jumat, mengatakan "Itu jelas mengejutkan saya ketika saya mendapat telepon dan Mattia (Binotto, bos tim Ferrari) mengatakan kepada saya bahwa tidak ada niat dari tim untuk melanjutkan."

Pembalap berusia 33 tahun itu juga mengungkapkan bahwa antara Ferrari dan dirinya belum pernah berdiskusi mengenai perpanjangan kontrak.

"Tidak pernah ada tawaran di atas meja dan oleh karena itu tidak ada poin penting,” tambahnya.

Kursi Ferrari Vettel bersama Charles Leclerc akan diambil pada 2021 oleh Carlos Sainz dari McLaren, yang posisinya akan diisi oleh Daniel Ricciardo, yang saat ini bergabung di Renault.

Yang membuat Vettel saat ini tanpa kontrak untuk musim depan adalah adanya pilihan realistis untuknya terbatas pada Mercedes dan Renault.

Namun, Lewis Hamilton diperkirakan akan memperpanjang masa tinggalnya di Mercedes dan Valtteri Bottas, yang juga tidak terikat kontrak dengan juara dunia, mengatakan mereka telah mengatakan kepadanya bahwa mereka tidak tertarik pada Vettel.

Dan Renault saat ini tidak dalam posisi untuk menantang tiga tim teratas untuk kemenangan dan kejuaraan.

Vettel mengatakan dia termotivasi untuk melanjutkan musim pada 2021 tetapi belum membuat keputusan yang tepat untuk masa depannya.

"Saya membutuhkan paket yang tepat, dan orang-orang yang tepat di sekitar saya. Jadi itulah yang saya cari saat ini. Jika kesempatan yang tepat muncul, maka saya pikir itu cukup jelas. Jika bukan itu masalahnya, maka saya mungkin harus mencari sesuatu yang lain,” tutur Vettel.

Vettel juga menolak untuk berkomitmen mendukung Leclerc di jalur jika ia diminta melakukannya oleh Ferrari tahun ini.

"Tahun ini sangat sulit untuk dijawab. karena kita tidak tahu apa jenis musim pertama yang akan kita hadapi. Kita belum tahu seberapa kompetitifnya kita, dll,” lanjutnya.

"Tapi tentu saja seandainya situasinya muncul, akan masuk akal untuk mengharapkan kedua pembalap untuk saling membantu. Saya tidak berpikir itu ada hubungannya dengan fakta bahwa kontrak saya berakhir dan saya akan meninggalkan tim.

"Tetapi pada saat yang sama jelas Anda berlomba untuk diri sendiri sehingga Anda tahu saya tidak berusaha membuat hidup Charles mudah di jalur dalam hal melambaikan tangan padanya. Saya pikir kami telah saling bertarung di masa lalu dan kami akan melanjutkan untuk melakukannya,” tutupnya.

Sementara itu, Leclerc telah mengakui dia mengharapkan Ferrari untuk berjuang musim ini.

"Ini akan menjadi musim yang sangat menantang bagi kami. Kami masih memiliki tanda tanya (tentang kinerja) ini dan kami harus menunggu kualifikasi untuk melihat di mana kami berada, meskipun kami 99% yakin kami tidak akan sekuat seperti tahun lalu,” ungkapnya.

Ferrari telah mengatakan sejak pengujian pra-musim bahwa mereka tertinggal di belakang Mercedes dan pada hari Selasa mengakui bahwa mereka telah memutuskan untuk secara mendasar mengubah arah desain mereka setelah menemukan kekurangan dengan mobil 2020 mereka.

Perkembangan pertama tidak akan terlihat sampai balapan ketiga musim di Hongaria dalam waktu dua minggu dan Ferrari akan melakukan dua balapan di Austria akhir pekan ini dan selanjutnya dengan mobil mereka dalam spesifikasi pra-musim. (BBC/OL-6)

BERITA TERKAIT