02 July 2020, 19:55 WIB

Sebulan Nihil, Kini Covid-19 Datang Lagi ke Tanah Datar


Yose Hendra | Humaniora

KABUPATEN Tanah Datar, Sumatra Barat, kembali mencatatkan kasus positif Covid-19 setelah kasus konfirmasi positif terakhir tanggal 27 Mei yang lalu. Hari ini, Kamis (2/7) tiga orang di Tanah Datar terkonfirmasi positif Covid-19.

"Benar hari ini, Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand menyampaikan tiga warga Tanah Datar terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga sudah total 14 orang terkonfirmasi positif, 9 orang sembuh dan 1 orang meninggal, 1 orang dirawat di rumah sakit rujukan dan 3 orang isolasi mandiri," ujar Jubir Penanganan Covid-19 Tanah Datar Roza Mardiah.

Dijelaskan Roza, ketiganya berasal dari satu keluarga yang berdomisili di Lubuak Bauak, Kecamatan Batipuh yakni Pr (31 tahun), Lk (67 tahun) dan Pr (64 tahun).

"Ketiganya dalam kondisi stabil atau Orang Tanpa Gejala (OTG) dan menjalani isolasi mandiri. Untuk mencegah penyebarannya, pihak kita sedang melakukan tracing terhadap kontak erat pasien terkonfirmasi positif," jelas Roza.

Dari kasus terkonfirmasi sebelumnya beberapa waktu lalu, sampai Roza, diperoleh hasil tracing sebanyak 127 orang untuk dites yang dimulai Kamis minggu kemaren hingga Rabu di RSUD MA Hanafiah Batusangkar.

Selain itu, terang Roza, saat ini Dinkes Tanah Datar bekerjama dengan Unand melakukan pool test Covid-19 untuk Tanah Datar.

"Harus diingat, virus Corona masih ada di sekitar kita, namun tidak perlu takut, yang terpenting tetap waspada dengan mematuhi protokol kesehatan dan menjaga imun tubuh dengan sehingga sama-sama saling melindungi dari tertular virus Corona," pesannnya. (OL-13)

Baca Juga: Pernikahan di Bawah Umur Bentuk Pelanggaran HAM

BERITA TERKAIT