02 July 2020, 16:20 WIB

Wagub Bali Dorong Pengembangan Desa Jadi Desa Wisata


Ruta Suryana | Nusantara

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mendorong inovasi dan kreativitas pengembangan potensi desa menghadapi era new normal di tengah pandemi covid-19. Dengan modal seni, adat, budaya, dan tradisi, setiap desa bisa dikembangkan menjadi desa wisata.

"Pengembangan desa wisata akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Hanya saja, menghadapi new normal, pengembangan desa wisata membutuhkan sentuhan inovasi, kreativitas, manajemen pengelolaan yang baik serta sentuhan teknologi," ujarnya saat tampil sebagai pembicara pada seminar nasional yang dilaksanakan secara daring, Kamis (2/7).

Baca juga: Ratusan Babi di Sikka Diduga Diserang Virus Afrika

Oleh sebab itu, Cok Ace (sapaan akrabnya) mengapresiasi gagasan Baliwood Land, sebuah konsep desa wisata film bertaraf internasional yang berlokasi di Abiansemal Dauh Yeh Cani, Kabupaten Badung, Bali.

Dengan begitu, Cok Ace berharap Baliwood Land terus menggali dan mengembangkan potensi desa-desa di Bali. Namun ia mengingatkan agar dalam upaya menggali dan mengembangkan potensi desa wisata, Baliwood Land senantiasa melibatkan masyarakat sebagai subjek, bukan memosisikan mereka sebagai objek. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT