02 July 2020, 15:40 WIB

Laboratorium Unand Mampu Periksa Ribuan Sampel Covid


Yose Hendra | Humaniora

KEPALA Laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand), Andani Eka Putra menegaskan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan berapapun sampel yang masuk ke laboratorium.

"Silahkan lakukan surveilans sebanyak-banyaknya. Berapapun sampel yang masuk akan kita terima," kata Andani, Kamis (2/7)

Pihaknya akan memeriksa semaksimal mungkin sampel yang dikirim ke laboratorium. "Saya tidak pernah komplen kepada Bu Ferimulyani (Kadinkes Sumbar). Malah saya sampaikan, silahkan periksa sebanyak-banyaknya. Mau 2.000 atau 3.000 saya akan terima semuanya," jelasnya.

Baca Juga: Sumbar Klaim Pasien Covid Sembuh Terbanyak se-Indonesia

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. "Itu konsep kita. Jangan sampai kita masuk ke fase erupsi/eksponensial," tuturnya.

Bagaimana caranya yakni melalui kolaborasi antara laboratorium dengan Dinas Kesehatan. "Nah, bentuk kolaborasi itu adalah Dinas Kesehatan melakukan surveilans secara massif. Jadi berapapun sampel yang masuk akan kita terima," tandasnya.

Hingga saat ini, jumlah positif covid-19 di Sumbar 742 kasus, dengan angka kesembuhan 607 orang, dan 31 orang meninggal dunia. (OL-13)

Baca Juga: Kinerja Penelitian Unand Kalahkan UI dan ITB

BERITA TERKAIT