02 July 2020, 14:20 WIB

Rekor, AS Laporkan 52 Ribu Kasus Covid-19 dalam Sehari


Faustinus Nua | Internasional

PENAMBAHAN kasus harian covid-19 di Amerika Serikat menembus rekor pada Rabu (1/7) waktu setempat. Dalam 24 jam terakhir, Negeri Paman Sam mencatatkan lebih dari 52.000 kasus baru covid-19.

Delapan negara bagian dilaporkan memiliki lonjakan kasus baru tertinggi. Sehari sebelumnya, AS mencatat lebih dari 47.000 kasus baru covid-19.

Kepala Institut Nasional untuk Penyakit Menular, Anthony Fauci, menyatakan lonjakan kasus covid-19 di AS bisa meningkat dua kali lipat hingga 100 ribu orang per hari. Mengingat, pemerintahan Donald Trump menerapkan kebijakan yang keliru terkait penanganan covid-19.

Baca juga: Trump Desak Tiongkok Ungkap soal Asal-usul Virus Covid-19

Dalam wawancara dengan Fox Business, Trump meyakini wabah covid-19 akan hilang begitu saja. "Ya tentu. Dalam beberapa kasus, saya pikir akan segera memiliki vaksin," pungkas Trump.

"Kami kembali dengan tindakan yang kuat. Saya pikir kami menangani virus korona dengan sangat baik. Pada suatu saat (covid-19) akan hilang begitu saja. Saya harap," imbuhnya.

Kebijakan dan sikap meremehkan yang ditunjukkan Trump, menuai kritik dari sejumlah kalangan. Presiden AS itu enggan mengampanyekan upaya pencegahan covid-19, seperti menggunakan masker.

Pejabat pemerintahan di Alaska, Arizona, California, Georgia, Idaho, Oklahoma, South Carolina dan Texas melaporkan kasus harian tertinggi. Rata-rata penambahan kasus meningkat dua kali lipat sejak 13 Juni. Pasien rawat inap pun melonjak dengan angka tertinggi sejak 21 April.(TheGuardian/OL-11)

 

BERITA TERKAIT