02 July 2020, 10:42 WIB

Surat Keberatan Direktorat Jenderal Imigrasi


Media Indonesia | Surat Pembaca

Surat Keberatan


Kepada Yth.
Pemimpin Redaksi Metro TV News
Di-
Jakarta

Terkait dengan pemberitaan Media Indonesia yang ditayangkan Metro TV pada acara Bedah Editorial tertanggal 1 Juli 2020 jam 07.17 WIB dengan judul Menumpas Kebobrokan Imigrasi, dengan ini kami sampaikan poin-poin keberatan sebagai berikut:

1. Kam menyesalkan pemilihan bahasa dalam judul yang ditampilkan karena bersifat insinuatif (menyindir, bersifat memberi tuduhan secara tidak langsung) dengan menggunakan kata 'Kebobrokan'. Selama ini Kementerian Hukum dan HAM serta Direktorat Jenderal Imigrasi terus meningkatkan pengawasan dan memberikan pelayanan keimigrasian yang baik kepada masyarakat.

2. Bahwa pemberitaan tersebut tidak melakukan pemeriksaan silang (cross check) atau menggali informasi lebih lanjut kepada Direktorat Jenderal Imigrasi dan atau Kementerian Hukum dan HAM RI.

3. Pemberitaan pada tayangan tersebut di atas tidak menyampaikan data yang komprehensif sehingga berpotensi menimbulkan kesalahan persepsi pada publik.

Adapun Kementerian Hukum dan HAM RI khususnya Direktorat Jenderal Imigrasi telah melakukan fungsi pengawasan terhadap lalu lintas orang sesuai amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

4. Bahwa berdasarkan basil pendeteksian kami, atas nama JOKO SOEGIARTO TJANDRA tidak ada di dalam data perlintasan.

Sehubungan dengan hal tersebut kami berharap agar keberatan ini ditayangkan pada media Saudara sebagaimana diamanatkan dalam Undang- Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers serta Kode Etik Jurnalistik Dewan Pers terkait keberimbangan pemberitaan.

BERITA TERKAIT