02 July 2020, 09:00 WIB

Pasien Sembuh Dapat Insentif Rp1 Juta dan Sembako


Denny Susanto | Nusantara

PEMERINTAH daerah di Kalimantan Selatan memberikan insentif berupa uang tunai dan paket sembako bagi pasien penderita covid yang sembuh guna membantu penyediaan bahan pangan selama masa pemulihan. Seperti dilakukan Pemkab Tabalong yang memberikan insentif berupa uang tunai sebesar Rp1 juta kepada pasien sembuh setelah menjalani perawatan di rumah sakit dan lokasi karantina di wilayah tersebut. 

"Ada 22 orang pasien sembuh dari covid. Guna membantu ekonomi mereka pemda membantu insentif uang tunai," tutur Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, Kamis (2/7).

Lebih jauh dikatakan Anang pihaknya berharap mereka yang sembuh dapat membantu pemerintah dengan menceritakan pengalaman mereka saat terpapar virus korona sekaligus memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan.

Diakuinya selama ini masih banyak masyarakat setempat abai dan tidak mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah. Sementara di daerah lain para pasien sembuh dari covid mendapatkan bantuan paket sembako. Selain dari pemerintah kabupaten/kota bantuan sembako juga diberikan Pemprov Kalsel. 

"Bantuan sembako ini untuk membantu penyediaan kebutuhan pangan mereka," tutur Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, saat melepas pasien sembuh di RS Anshari Saleh Banjarmasin, Kamis (2/7).

Pemprov Kalsel sendiri sejak pandemi terjadi telah menyalurkan puluhan ribu bantuan paket sembako kepada masyarakat terdampak pandemi virus korona termasuk kepada pasien yang berhasil disembuhkan. Bantuan serupa ini juga datang dari berbagai instansi pemerintah, swasta dan masyarakat umum. Hingga kini jumlah pasien positif covid-19 di Kalsel yang sembuh sebanyak 825 orang dengan persentase mencapai 25 persen dari total kasus covid.

baca juga: Pasar Wairkoja Sepi, Pedagang Nekat Pindah Jualan ke Lokasi Lama 

Data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel mencatat jumlah kasus positif virus korona saat ini sebanyak 3.223 kasus atau bertambah 76 kasus dari hari sebelumnya. Terjadi penambahan jumlah pasien sembuh sebanyak 59 orang sehingga total menjadi 825 orang. Sedangkan jumlah pasien meninggal dunia bertambah satu orang menjadi 190 orang. (OL-3)

BERITA TERKAIT