02 July 2020, 01:15 WIB

Jembatan Penghubung Sumbar-Riau Ditargetkan Tuntas Akhir Tahun


Yose Hendra | Nusantara

JEMBATAN penghubung Sumatra Barat-Riau yang berada di Nagari Sopan Jaya, Kecamatan Padang Laweh, Kabupaten Dharmasraya ditargetkan tuntas akhir tahun ini. Jembatan ini menjadi penghubung utama antara Kabupaten Dharmasraya  dengan Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau.

"Insha Allah, akhir tahun jembatan sudah siap dan bisa segera  dimanfaatkan masyarakat. Semoga keberadaan jembatan ini semakin  membuka akses Nagari Sopan Jaya dan membawa dampak bagi pertumbuhan  ekonomi masyarakat," ungkap Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku
Kerajaan, Rabu (1/7).

Menurut Tokoh Masyarakat Kecamatan Padang Laweh, Sutan Alif, pembangunan jembatan Nagari Sopan Jaya ini mempunyai arti penting dan memang sangat didambakan oleh masyarakat. Sebab, disamping menjadi poros penghubung dengan Kabupaten Kuansing, keberadaan jembatan ini diyakini dapat membawa dampak bagi geliat perekonomian masyarakat setempat.

Tidak hanya itu, imbuh Sutan Alif, pembangunan jembatan Nagari Sopan Jaya juga dapat menjadi kanal pengendali banjir di Kecamatan Padang Laweh, terutama di Nagari Sopan Jaya. "Hampir setiap tahun, kalau  musim hujan, daerah ini selalu menjadi langganan banjir. Namun dengan adanya jembatan yang cukup besar ini, tentu arus air sungai menjadi lebih lancar. Dengan begitu, banjir yang setiap tahun terjadi itu dapat diminimalisir. Kalau dapat, pembangunan jembatan ini juga diikuti dengan normalisasi sungai, agar banjir dapat ditekan sekecil mungkin," harapnya.

Sementara itu, Wali Nagari Sopan Jaya, St.Riza Arianda, menyampaikan  terima kasih kepada Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Sebab menurutnya, berkat kegigihan dan perjuangan Bupati Sutan Riska sebagai kepala daerah, pembangunan jembatan di Nagari Sopan Jaya yang pendanaannya bersumber dari APBN itu dapat terealisasi.

"Ini adalah satu-satunya jembatan penghubung antara Nagari Sopan Jaya dengan Provinsi Riau. Keberadaan jembatan ini tentu akan sangat bermanfaat bagi akses transportasi dan mobilisasi masyarakat. Semoga, dengan adanya jembatan ini, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," tandasnya. (R-1)

BERITA TERKAIT