01 July 2020, 16:28 WIB

PSBB Transisi, Volume Kendaraan Dekati Situasi Normal


Tri Subarkah | Megapolitan

VOLUME kendaraan selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi hampir mendekati normal. Hal tersebut disampaikan Direktur Lalu Lintas Polda Metro jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

"Volume kendaraan di masa PSBB transisi ini memang sudah hampir mendekati normal," kata Sambodo di Mapolda Metro Jaya, Rabu (1/7).

Situasi tersebut, lanjut Sambodo, terlihat dari pergerakan kendaraan dari arah luar yang masuk ke Jakarta maupun di dalam kota sendiri. Titik-titik yang menjadi pengamatan pihaknya antara lain gerbang tol di Halim maupun Cililitan.

"Angka-angka kita dapatkan dari berbagai gerbang tol, baik di Halim yang dari arah Bekasi, Cililitan yang dari arah Bogor, maupun Tomang, ini menunjukan angka sudah hampir mendekati normal bahkan sampai ketika sebelum pandemi, yaitu bulan Februari," paparnya.

Baca juga: Sah, Anies Perpanjang PSBB Transisi 14 Hari

Sambodo menjelaskan kepadatan di ruas jalanan ibu kota sudah terlihat di pagi maupun sore pada hari kerja. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan menerapkan sistem sif masuk kantor.

"Ini saya rasa cukup membantu terutama bagi penumpang angkutan umum yang setiap pagi komuter bergerak dari arah kota-kota di sekitar Jakarta masuk Jakarta," tutur Sambodo.

Diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memulai masa PSBB transisi sejak Jumat (5/6) lalu. Masa akhir kebijakan tersebut berakhir pada Kamis (2/7) besok. Namun, Gubernur Anies Baswedan memutuskan untuk memperpanjang masa PSBB transisi selama 14 hari.(OL-5)

BERITA TERKAIT