01 July 2020, 16:14 WIB

Peternak dan Pedagang Hewan Kurban tidak Usah Khawatir Covid-19


SUPARDJI RASBAN | Nusantara

MENJELANG datangnya Hari Raya Idul Qurban, para peternak dan pedagang hewan qurban diminta tidak perlu cemas dan khawatir terhadap virus korona. Sebab virus alpha korona tidak menular ke manusia.
     
Hal itu disampaikan Kepala Seksi/Kasi Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes Jawa Tengah, Imam Santoso, usai melakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban (sapi) di Desa Pasarbatang, Kecamatan Brebes, Rabu (1/7/2020).
      
"Virus alpha korona tidak menular ke manusia dan tidak membahayakan. Karena itu kami dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes tidak akan melakukan tes swab pada hewan kurban," ujar Imam.

Baca Juga: Memaksimalkan Daging Kurban di Masa Pandemi Covid-19
     
Imam menyebut, berbeda beda dengan virus korona yang awalnya dari kelelawar ke manusia, yang sekarang sudah bermutasi menjadi covid-19. Virus korona tidak menyerang pada hewan ternak ruminansia tapi pada ternak hewan yang lambung tunggal atau monogratstik. "Itu biasanya pada hewan anjing atau hewan kesayangan lainnya,"
terangnya.
     
Menurut imam, untuk alfa korona tidak zoonosis atau tidak menular pada manusia sehingga hewan ternak yang untuk dijadikan kurban selama kondisinya sehat/ aman-aman saja. "Para peternak dan para penjual hewan ternak di lapak-lapak tidak usah khawatir dan cemas," tegasnya.
     
Secara umum, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes, telah melakukan langkah-langkah dalam menjelang Hari Raya Idul Qurban. "Untuk memastikan agar daging kurban yang dikonsumsi benar-benar sehat dan tidak berbahaya," pungkasnya. (JI/OL-10)

BERITA TERKAIT