01 July 2020, 15:46 WIB

Perumda Pasar Jaya Izinkan Pedagang Tolak Pembeli tanpa Masker


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PERUMDA Pasar Jaya terus melakukan sosialisasi bahaya covid-19 dan cara pencegahannya kepada pedagang sekaligus pengunjung pasar.

Pola komunikasi dari sosialisasi ini pun diubah untuk lebih meningkatkan kewaspadaaan dan kedisiplinan semua pihak dalam menjaga protokol kesehatan.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan pihaknya menyarankan kepada pedagang agar tidak melayani pembeli yang tidak menggunakan masker. Hal ini sekaligus bentuk edukasi kepada pedagang dan pembeli agar kedua belah pihak disiplin menaati protokol kesehatan.

"Sosialisasi tidak pernah berhenti. Kami juga menerapkan sosialisasi baru dengan 'indoor communication' dan inilah yang kita harapkan bisa jadi agen penyambung lidah dari kami. Ketika ada pembeli yang tidak pakai masker jangan dilayani. Itu untuk menjaga pedagang agar bisa aman dan sehat," kata Arief, Rabu (1/7).

Baca juga: Warga Harus Taati Protokol Covid saat di Pasar Tradisional

Sementara itu, untuk memberikan keamanan dari penyebaran covid-19 baik kepada pembeli dan pedagang, pihaknya mengupayakan penambahan wastafel dan hand sanitizer. Pihaknya juga terus mengingatkan agar pedagang bukan hanya menggunakan masker tetapi juga pelindung wajah (face shield) dalam kegiatan berdagang sehari-hari.

Ia juga meminta kedisiplinan bukan hanya datang dari pedagang melainkan dari masyarakat pengunjung dan pembeli.

"Prinsipnya sederhana, semua protap covid-19 dijalankan dan perlu kesadaran bersama stakeholder secara disiplin dan konsisten. Saya meminta digerakkan semuanya seluruh masyarakat yang sayang dengan pasar tradisional untuk terlibat dan membantu bersama memastikan protap covid yang sudah disiapkan di pasar dijalankan. Penguatan lainnya sarana dan prasarana akan ditambah termasuk face shield akan ditambah sesuai arahan Pak Gubernur," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT