01 July 2020, 15:45 WIB

Firli Bahuri: KPK Membutuhkan Polri


Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri turut mengucapkan selamat kepada Polri terkait dengan peringatan Hari Bhayangkara ke-74 yang jatuh ada hari ini, Rabu (1/7). Firli yang juga merupakan perwira bintang tiga di kepolisian itu menyatakan kerja sama antara KPK dan Polri ke depan perlu ditingkatkan dalam upaya pemberantasan korupsi.

"Peran serta dan sinergitas seluruh elemen bangsa khususnya lembaga penegak hukum di negeri ini, termasuk dari Korps Bhayangkara, jelas sangat dibutuhkan KPK," ucap Firli di Jakarta, Rabu (1/7).

Firli menekankan KPK tidak dapat berdiri sendiri dalam menjalankan fungsi, tugas, dan kewajiban sebagai garda terdepan pemberantasan korupsi di Tanah Air. 

Dalam pertemuan pimpinan KPK dengan Kapolri Idham Aziz beberapa waktu lalu, Firli mengatakan ada tiga fokus kerja sama antara kedua lembaga sesuai Perpres No 54/2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi.

Fokus pertama, KPK dan Polri bersinergi dalam tata niaga dan pelayanan publik guna pemberantasan korupsi yang berhasil guna dan berdaya guna, akuntabel, transparan dan tidak timbul korupsi. Kedua, mengenai pengelolaan keuangan negara, dan ketiga, soal penegakan hukum dan reformasi birokrasi.

"Ibarat pepatah menegakkan benang basah, berbicara perihal penegakan hukum khususnya pemberantasan korupsi, KPK tentunya tak dapat berdiri sendiri namun perlu bersinergi dengan aparat penegak hukum lainnya," ungkapnya.

Firli juga mengajak semua pihak menjadikan momentum Hari Bhayangkara agar dimaknai dalam upaya pemberantasan korupsi. Sejak awal KPK berdiri dan hingga kini, imbuh Firli, Polri juga telah menugasi anggota mereka untuk memberantas korupsi.

"Hari Bhayangkara seyogianya juga diisi dengan aksi pemberantasan korupsi, sebagai bentuk pengabdian diri kepada Ibu Pertiwi. Semoga semangat Hari Bhayangkara yang memiliki nilai nilai suci penuh arti tanpa korupsi, selalu mewarnai tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara," ucap Firli yang berpangkat komisaris jenderal polisi itu. (P-2)

BERITA TERKAIT