01 July 2020, 14:13 WIB

Pemerintah Jamin Hingga Akhir Tahun Tarif Listrik tak Akan Naik


M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi

DIRJEN Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Rida Mulyana, menekankan bahwa pemerintah saat ini tidak ada rencana menaikkan tarif listrik hingga akhir tahun 2020.

"Kami tekankan pemerintah sampai saat ini tidak mengambil keputusan untuk menaikkan tarif listrik hingga akhir tahun ini," kata Rida saat konferensi pers Jaminan Sosial Lewat Subsidi Biaya Listrik Rumah Tangga di Gedung BNPB, Jakarta, Rabu (1/7).

Baca juga: Bank Himbara Siap Ekspansi Kredit Hingga Rp90 Triliun

Menurutnya melonjaknya tarif bisa terjadi akibat naiknya tingkat konsumsi listrik pelanggan.

"Sehingga kemudian kalau ada apa-apa, misalnya ada kenaikan tagihan listrik bulanan, itu semata-mata karena ada kenaikan pemakaian," ujar Rida.

PT PLN juga menyediakan platform pengaduan apabila terjadi keluahan dari pelanggan baik untuk pemberian subsidi maupun keluhan terkait tarif.

Pengaduan bisa dilakukan melalui website resmi di PLN www.pln.co.id. Selain itu, pada Januari 2020 sudah dikembangkan wadah aduan untuk memudahkan masyrakat secara mandiri melalui aplikasi peduli, untuk melaporkan aduan atau pemberian subsidi Covid-19.

"Sejak Mei lalu sudah tercatat sebanyak 300 ribu aduan dan lebih dari setengahnya sudah kami tindak lanjuti karena memang berhak menerima subsidi," pungkasnya. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT