01 July 2020, 13:59 WIB

NBA Musim ini Terancam Batal jika Covid-19 Terus Meluas


Akmal Fauzi | Olahraga

KOMPETISI NBA musim ini yang akan dilanjutkan di Disney World Orlando, Florida, pada 30 Juli bisa saja dibatalkan jika kasus Covid-19 di lingkungan pemain terus meluas.

Bahkan, Florida yang menjadi tuan rumah kompetisi musim ini masuk zona merah Covid-19 karena kasus positif yang naik drastis setiap hari.

Baca juga: Pegolf Afrika Selatan Positif Covid-19

“Satu hal yang kami pelajari, virus ini tak bisa diprediksi. Kami bekerja sama mengamati perkembangan data (Covid-19) tiap hari. Jika ada sesuatu yang harus kami ubah, di luar apa yang telah kami terapkan, kami tentu akan meralatnya. Kami juga melakukan tes setiap hari,” kata Komisioner NBA, Adam Silver.

Adam mengatakan, penghentian kompetisi akan menjadi opsi terakhir yang dipilih jika kondisi dianggap genting.

Silver saat ini memilih untuk fokus mempersiapkan kompetisi yang telah tertunda sejak 11 Maret 2020 karena pandemi Covid-19.NBA bekerja sama dengan para ahli medis soal protokol kesehatan.

NBA meningkatkan kewaspadaannya terhadap peningkatan kasus tersebut. Namun, menurut Silver, hal yang tidak diharapkan bisa dicegah karena 22 tim yang bertanding akan dipusatkan di kawasan Kampus ESPN Wide World of Sports Complex.

Tes Covid-19 massal akan dilakukan pemain NBA. Semua pemain yang dinyatakan positif akan dikarantina selama 14 hari. Mereka harus sembuh terlebih dulu sebelum bisa berangkat ke Orlando.

“Saya katakan bahwa kami akan bertanggung jawab dan terus memantau situasi. Indikator terbesar kami adalah peta persebaran di internal," ujarnya.

NBA telah mengeluarkan jadwal untuk kelanjutan musim ini. Pertandingan pertama akan dimulai dengan New Orleans Pelicans melawan Utah Jazz pada 30 Juli. Laga ini begitu penting bagi kedua tim untuk mengamankan tiket menuju babak penyisihan. (Skysports/OL-6)
 

BERITA TERKAIT