01 July 2020, 13:00 WIB

Di HUT ke 74, Profesionalitas Polri Harus Meningkat


Selamat Saragih | Politik dan Hukum

Di Hari Bhayangkara Ke 74, anggota Komisi III FPKB DPR RI Moh Rano Alfath akui eksistensi Polri sangat dirasakan kontribusinya ditengah masyarakat terlebih ditengah negara ikhtiar mengatasi krisis akibat pandemi Covid-19.

“Eksistensi Polri sudah teruji mampu menjalankan tugas yang diemban menjaga stabilitas keamanan Indonesia. Begitupun ditengah pandemi, Polri mampu menjadi garda terdepan yang perlu diapresiasi,” ungkap Rano Alfath Legislator muda dapil Banten Raya, Rabu (1/7).

Di usia ke 74 tahun diakuiRano, Polri memiliki tantangan dan tugas berat dalam menjaga stabilitas keamanan negara. “Eksistensi, dedikasi dan professionalisme polri jelas dibutuhkan masyarakat beragam persoalan seperti pemberantasan terorisme, narkoba, konflik sosial, dan masifnya persebaran pesan hoax harus tetap menjadi fokus utama kerja-kerja Polri kedepan,” papar Rano.

Lebih lanjut Rano menekankan pada gelaran Pilkada 2020, Profesionalisme dan neutralitas Polri akan menjadi bagian tak terpisahkan suksesnya gelaran pesta rakyat di sejumlah Provinsi/Kab/Kota.

“Kami percaya Polri mampu menjungjung tinggi netralitas dan profesionalisme. Pilkada serentak tentu menyita energy, Maka dari itu saya berharap bahwa Polri bisa terus pertahankan profesionalisme dan kinerjanya agar terus bisa dipercaya oleh masyarakat. Kamtibmas kondusif, masyarakat tetap produktif”, papar Rano.

Sebagaimana sejarah mencatat, Empat hari pasca kemerdekaan RI, Polri lahir pada tanggal 21 Agustus 1945. Kemudian mulai tanggal 1 Juli 1946 secara resmi dengan Penetapan Pemerintah tahun 1946 No. 11/S.D. Djawatan Kepolisian Negara yang bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri. Tanggal 1 Juli inilah yang setiap tahun diperingati sebagai Hari Bhayangkara hingga saat ini.

“Selamat hari Bhayangkara 2020! 74 tahun sudah Polri berjibaku untuk negeri. Pada usia ini, banyak prestasi dan capaian yang sudah diraih Bhayangkara negara ini untuk bangsa yang telah memberikan pengabdian di tengah masyarakat,”tandas Rano. (OL-13)

Baca Juga: HUT ke-74 Bhayangkara, Kapolri Siap Jalankan Amanat Presiden

BERITA TERKAIT