01 July 2020, 10:48 WIB

Presiden Ingatkan Polri Agenda Strategis di Luar Covid-19


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo mengingatkan, walau sedang fokus mengawal percepatan penanganan covid-19, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) tidak boleh melupakan berbagai agenda strategis lain.

Seluruh jajaran Polri harus terus mereformasi diri secara total, berupaya memperbaiki diri supaya semakin profesional dan modern.

"Ubah semua kelemahan menjadi kekuatan karena Polri akan menghadapi tantangan yang semakin berat dan kompleks, mulai dari kejahatan konvensional, kejahatan lintas negara, kejahatan berimplikasi kontijensi, sampai kejahatan terhadap kekayaan negara," ujar Jokowi saat menyampaikan amanat dalam Perayaan ke-74 Bhayangkara di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7).

Baca juga: Bantu Tangani Covid-19, Jokowi: Polisi Harus Persuasif tapi Tegas

Presiden juga menggarisbawahi terkait pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di akhir tahun ini. Ajang pesta demokrasi itu harus diwaspadai karena berpotensi menjadi sarana bagi kelompok-kelompok tertentu untuk menimbulkan ancaman stabilitas di dalam negeri.

"Selain menjalankan tugas yang sama seperti pada Pilkada Serentak 2017 dan 2019, kali ini Polri juga harus menjaga protokol kesehatan. Saya tahu tugas ini tidak lah mudah, namun saya yakin Polri, TNI serta penyelenggara dan pengawas pemilu akan mampu melakukan tugas ini dengan baik," tuturnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT