01 July 2020, 09:30 WIB

3.612 Pasien Covid-19 Telah Keluar dari RSD Wisma Atlet


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Sejak 23 Maret hingga hari ini (1/7) tercatat 5.129 orang terdaftar menjalani perawatan covid-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran.

"Berdasarkan rekapitulasi, pasien yang telah keluar dari Wisma Atlet ada 3.612 orang dan 3.463 pasien covid-19 sudah sembuh," ungkap Perwira Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Kolonel Marinir Aris Mudian dalam laporannya, Rabu (1/7).

Berbagai kalangan masyarakat pernah dirawat di rumah sakit tersebut. Saat ini WNI repatriasi dari pekerja migran Indonesia (PMI) yang terpapar covid-19 dan WNI anak buah kapal (ABK) kapal pesiar berbendera asing tercatat diinapkan di Wisma Atlet.

Mereka dilarang untuk kembali ke daerah asalnya sebelum dinyatakan negatif covid-19. Khusus PMI, mereka diinapkan di Tower 9 Blok C2 Wisma Atlet yang terletak di Pademangan.

Baca juga: Rhoma Irama tidak Terima Dituding Langgar PSBB

Aris juga melaporkan ada 146 pasien yang dibawa ke rumah sakit rujukan untuk mendapatkan perawatan yang lebih insentif.

Terkait kasus kematian di RSD Wisma Atlet, jumlahnya tidak bertambah sejak 1 April. Ada 3 orang yang meninggal dunia.

Per hari ini, imbuh Aris, pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 dari hasil swab test sebanyak 570 orang. Ada pengurangan 6 pasien dalam sehari. Lalu, dari hasil rapid test, 8 orang reaktif terhadap covid-19.

Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) bertambah menjadi tujuh orang dan tidak ada orang dalam pemantauan (ODP) yang dirawat di Wisma Atlet.

"Sehingga total pasien yang dirawat di Wisma Atlet hari ini sebanyak 585 orang. Mereka terdiri dari 310 pria dan 275 wanita," jelas Aris. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT