01 July 2020, 03:15 WIB

Masih Suka Pegang-Pegang Wajah? Pakai deh Kalung ini


Galih Agus Saputra | Weekend

Menyentuh wajah barangkali adalah salah satu kebiasaan yang paling sulit dihindari, sehubungan dengan upaya menangkal penyebaran virus korona (Covid-19). Akan tetapi, NASA kini rupanya sudah punya alat bernama 'Pulsa' untuk mengatasi hal tersebut.

Pulsa adalah kalung atau liontin 3D yang dirancang NASA di Jet Propulsion Lab (JPL). Dalam keterangan tertulis yang dilansir Dailymail, JPL menjelaskan bahwa Pulsa dibuat untuk melindungi mereka yang sehat agar tetap sehat atau tidak tertular Covid-19.

Orang yang mengenakan Pulsa akan segera diperingatkan dengan sebuah getaran ketika hendak menyentuh wajah. Getaran itu keluar ketika telapak tangan seseorang berjarak 12 inci (30 cm) dari wajah. Getaran berasal dari sebuah motor kecil yang diaktifkan oleh sensor inframerah.

"Sampai tersedia vaksin yang andal, Pulsa dapat diintegrasikan ke dalam kehidupan sehari-hari atau saat kembali ke tempat kerja", tutur JPL, dalam keterangan tertulisnya.

Kabarnya, inovasi yang satu ini nantinya juga diperbolehkan untuk dibuat siapa saja. Detail rancangan akan dipublikasikan, agar publik dapat membuat Pulsa dengan keterampilan pembuatan sederhana dan murah.

Meski begitu, tenaga ahli di dalamnya juga memperingatkan bahwa liontin ini tidak dibuat untuk menggantikan alat pelindung diri (APD). Mereka menganjurkan agar Pulsa tetap dikenakan bersamaan dengan masker, penutup wajah, dan tidak lupa untuk mencuci tangan.

"File dan instruksi perakitan akan tersedia secara daring sebagai sumber terbuka bagi mereka yang ingin membuat liontinnya sendiri. Idealnya, kami berharap agar masyarakat dapat mengembangkan konsep ini dan membuatnya agar mudah untuk didistribusikan," imbuh JPL. (DailyMail/M-2) 

BERITA TERKAIT