30 June 2020, 22:35 WIB

Warga Harus Taati Protokol Covid saat di Pasar Tradisional


Ahmad Yakub | Nusantara

PEMKAB Tuban, Jatim, mengingatkan agar warga mentaati protokoler kesehatan saat di pasar tradisional. Sebab banyak muncul klaster baru penularan covid dari pasar tradisional.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Tuban, Jatim, Noor Nahar Hussein saat pembinaan dan pembentukan Desa Tangguh Bencana di Desa Montong Sekar, Kecamatan Montong, Tuban.

"Saat ini penambahan konfirmasi positif terbanyak dari klaster pasar dan yang terbaru dari Kecamatan Palang 26 orang dari klaster pasar," kata Wabup Noor, Selasa (30/6).

Ia menyebutkan, sebelum terkonfirmasi di klaster Pasar Palang, positif covid ditemukan di klaster pasar Tambakboyo. Begitu juga dengan sejumkah kasus di Surabaya ribuan orang terkonfimasi positif covid-19 juga terbanyak dari klaster pasar.

"Maka perlu menjaga diri kita sendiri untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, pakai masker dan menjaga jarak, karena pasar tidak mungkin kita tutup, pasar adalah tempat utama perputaran ekonomi masyarakat," tegas politisi PKB ini.

Wabup Tuban dua periode ini menerangkan, Presiden Jokowi saat kunjungan kerja di Surabaya beberapa waktu lalu menyatakan, akibat kurang tegasnya petugas maka kasus positif covid -19 terbesar saat ini adalah Jawa Timur.

"Ini karena jajarannya yang dinilai kurang tegas. Maka dari itu saya berharap kita bisa lebih tegas dan kritis terhadap penanggulangan penyebaran covid 19," pinta Noor Nahar Hussein. (OL-13)

Baca Juga: Jadi Klaster Covid Sejumlah Pasar Tradisional di Jateng Ditutup

Baca Juga: Ganjar Perintahkan Kepala Daerah Tutup Semua Pasar

BERITA TERKAIT