30 June 2020, 21:03 WIB

NasDem Apresiasi Peran dan Sumbangsih Polri Selama Pandemi


Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

ANGGOTA DPR RI Fraksi NasDem Eva Yuliana menyampaikan ucapan selamat atas Hari Bhayangkara ke-74 yang jatuh pada 1 Juli.

Eva mengatakan, peringatan Hari Bhayangkara tahun ini memang terasa berbeda. Di satu sisi, memasuki usianya yang ke-74, jajaran Polri tentu bermaksud memperingatinya secara gegap gempita, bahagia, dan penuh syukur. Tapi di sisi lain, dengan kesadaran terdalam, transisi menuju tatanan kehidupan baru di masa pandemi Covid-19 membuat Polri menyelenggarakannya secara sederhana.

Melalui Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono, disampaikan rangkaian kegiatan peringatan Hari Bhayangkara akan dilaksanakan secara sederhana. Puncak peringatan akan digelar di Istana Negara dengan inspektur upacara Presiden RI Joko Widodo. Konsepnya menyesuaikan kondisi saat ini, yaitu tetap menaati protokol kesehatan. “Keputusan luar biasa. Ini  menunjukkan betapa POLRI sejauh ini memang sungguh di hati rakyat,” tegas Eva dalam keterangan pers yang diterima Mediaindonesia.com, Selasa (30/6)

Eva yang merupakan anggota Komisi III DPR RI yakin, kesimpulannya beralasan. Sejak awal Juni 2020, Mabes Polri sudah memerintahkan seluruh jajarannya untuk menggelar serangkaian kegiatan yang berbasis dan berorientasi pada kegiatan kemasyarakatan. Tema peringatan Hari Bhayangkara ke-74 pun mencerminkan hal itu, yakni 'Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Makin Produktif'.

Tema ini, menurut Eva yang merupakan perwakilan daerah pemilihan (Dapil) V Jawa Tengah menunjukkan kepekaan Polri terhadap kondisi masyarakat. Terutama, di  masa transisi menuju tatanan kehidupan baru pada pandemi korona saat ini.

“Berdasar kunjungan saya ke lapangan, sejak awal Juni kemarin, setiap satuan polisi sampai tingkat terbawah telah melaksanakan kegiatan kemasyarakatan dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara. Bakti sosial seperti donor darah, pembagian sembako, aksi bersih lingkungan dan tempat ibadah, dan lain-lain. Saya terharu dan demikian mengapresiasinya,” ungkap Eva.

Eva Yuliana menilai, kegiatan kemasyarakatan dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-74 pastinya bukan menjadi hal yang sulit bagi Polri. Setidaknya, sejak masa pandemi berjalan, jajaran kepolisian telah melaksanakan tugas dan fungsi pelayananan keamanan dengan sangat baik.

Sebagai garda terdepan yang langsung bersentuhan dengan kehidupan masyarakat, sangat banyak kiprah dan sumbangsih Polri yang bisa dirasakan warga. Mulai pelayanan keamanan dan kenyamanan lingkungan, sosialisasi dan edukasi penanganan serta pencegahan penularan virus Covid, pendampingan dan pembagian bantuan sosial dan sembako bagi para warga terdampak Covid-19, dan masih banyak lagi.

Sementara, secara khusus, selama melakukan serangkaian kunjungan kerja di wilayah hukum Polda Jawa Tengah, bisa disebut beragam bentuk kegiatan dan program kepolisian yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Tanpa mengecilkan kegiatan lainnya, Eva menunjuk, program Kampung Siaga Covid yang diisiasi dan dikerjakan Polda Jawa Tengah sebagai salah satu kegiatan yang kreatif dan inovatif. Ada sekitar 8000 kampung siaga covid tersebar di seluruh jajaran Polres setempat di Jawa Tengah.

Di kampung siaga ini, petugas kepolisian melalui Babinkamtibmas masing-masing desa, terjadi kebersamaan erat antara polisi, perangkat desa, dan warga masyarakat setempat. Semua unsur tersebut saling berkomunikasi, berkoordinasi, bahu membahu dalam melakukan penanganan dampak dan pencegahan penularan virus korona.

“Saya sendiri menjadi saksi atas kegemilangan Polri dalam menjalankan pelayanan publik di tengah masyarakat. Sekali lagi, Polri sungguh di hati rakyat. Semoga peringatan Hari Bhayangkara ke-74 menjadi momentum bersama untuk tetap mempertahankan prestasi Polri selama ini. Sekaligus, menjadi motivasi lebih untuk semakin meningkatkan pelayanan publik ke depan nanti,” pungkasnya. (RO/OL-8)

BERITA TERKAIT