30 June 2020, 20:04 WIB

Akreditasi Sekolah Jadi Syarat Jalur Prestasi,Ini Kata Disdik DKI


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

DINAS Pendidikan DKI Jakarta ikut mensertakan akreditasi sekolah sebagai salah satu syarat calon peserta didik baru (CPDB) jalur prestasi akademik.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana mengatakan, akreditasi sekolah ikut dikalikan denga rata-rata nilai raport untuk CPDB jalur prestasi, Rerata itulah yang diajukan CPDB dalam pendaftaran jalur prestasi.

Nahdiana menjelaskan, nilai akreditasi sekolah digunakan karena tiap-tiap sekolah baik negeri maupun swasta memiliki metode dan 'kemurahan hati' yang berbeda dalam memberikan nilai kepada siswanya.

"Ada sekolah yang sangat mudah memberikan nilai, sangat murah terhadap nilai. Tapi ada juga sekolah yang siswanya sangat sulit mendapatkan nilai yang bagus semata karena metode dan sistem pengajaran di sekolah itu memiliki pengendalian yang ketat. Nah, akreditasi inilah yang menjaga kami agar adil dalam melihat persoalan nilai," kata Nahdiana.

Baca juga : Kisruh PPDB, PDIP Minta Anies Tidak Lepas Tangan

Menurutnya, untuk persoalan itu, Disdik DKI juga sudah berkoordinasi khusus dengan Badan Akreditasi Nasional (BAN) untuk menentukan CPDB yang akan diterima melalui jalur prestasi akademis.

"Kita sudah koordinasi dengan BAN untuk hal ini," ungkap Nahdiana.

Jalur prestasi akan dibuka mulai besok dan berakhir pada 3 Juli. Nahdiana menegaskan tidak ada seleksi usia maupun zonasi dalam jalur ini. Dengan demikian, CPDB bebas mendaftar di sekolah manapun yang diinginkan.

"Namun, sekali lagi karena daya tampung sekolah itu terbatas, maka bisa dilihat nanti saat pendaftarannya. Mungkin memang ada sekolah-sekolah yang sangat diminati oleh para CPDB, itu harus menjadi pertimbangan dalam memilih sekolah tujuan," tukasnya.(OL-7)

BERITA TERKAIT