30 June 2020, 18:40 WIB

Masih Ada Pengunjung HBKB Wilayah Tak Gunakan Masker


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan masih ditemukan warga atau pengunjung pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di 32 lokasi yang melanggar protokol kesehatan dengan tidak menggunakan masker.

Syafrin menyebut dari pelanggaran itu ditemukan adanya warga yang membawa masker, tapi enggan menggunakannya. Untuk mereka yang membawa masker, tapi tidak menggunakannya hanya diimbau untuk langsung memakainya.

Selain itu, menurutnya, petugas juga menemukan warga yang tidak membawa masker sama sekali. Ia menegaskan petugas yang menemukan pelanggaran itu langsung menindak warga dengan memberikan sanksi denda atau kerja sosial.

"Diberi sanksi oleh petugas. Sanksi kerja sosial atau ada yang denda juga Rp250 ribu," kata Syafrin, Selasa (30/6).

Baca juga: HBKB Wilayah Akan Dilanjutkan Pekan Ini

Di sisi lain, ditemukan ada warga lansia dan anak-anak yang mengunjungi area HBKB wilayah. Syafrin menyebut pihaknya tidak bisa melarang untuk lansia dan anak-anak memasuki area itu karena mereka rata-rata memang warga yang bermukim dekat dengan lokasi HBKB.

"Justru mereka senang di dekat rumah mereka dibuka menjadi lokasi seperti itu. Mereka bisa berolahraga di tempat terbuka tanpa harus jauh ke Sudirman-Thamrin," ujar Syafrin.

Sebelumnya, Minggu (28/6) lalu Pemerintah Provinsi DKI memutuskan untuk menyelenggarakan HBKB melalui pelaksanaan kawasan bersepeda di 32 lokasi menggantikan area HBKB utama Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

Disebarnya lokasi HBKB ke 32 titik ini bertujuan untuk mengurai kepadatan warga yang pada pekan sebelumnya yakni 21 Juni 2020 mengunjungi HBKB di Sudirman-Thamrin. Akibat kepadatan itu, HBKB di Sudirman-Thamrin ditiadakan sementara.

Pada 32 lokasi itu didapati ada total 89.587 orang dengan rincian pesepeda sebanyak 52.353 dan pejalan kaki 37.234 orang. (OL-14)

BERITA TERKAIT