30 June 2020, 16:00 WIB

Lawan Rasisme, Mercedes Gunakan Mobil Hitam Musim ini


Akmal Fauzi | Olahraga

MERCEDES meluncurkan mobil berwana hitam yang akan digunakan ajang Formula 1 musim 2020 untuk mendukung kampanye melawan rasisme, Black Lives Matter.

Sejak 1930, Mercedes identik dengan warna silver. Keputusan merubah warna untuk musim ini dilakukan untuk menyoroti bagaimana tindakan dalam memerangi rasisme dan segala bentuk diskriminasi.

Baca juga: Mantan Pembalap F1 Alex Zanardi Menjalani Operasi Kedua

Tim berencana untuk meluncurkan program keragaman dan inklusi sebelum akhir musim karena mereka berusaha untuk meningkatkan jumlah tersebut dan mendorong lebih banyak orang dari latar belakang yang kurang terwakili ke dalam Formula 1.

Pimpinan tim Mercedes F1, Toto Wolff mengatakan, rasisme dan diskriminasi tidak memiliki tempat di masyarakat termasuk di bidang olahraga balap.

“Kami ingin menggunakan suara dan platform besar yang kami miliki untuk berbicara tentang kesetaraan," kata Toto Wolf.

Mobil baru ini akan melakukan debutnya ketika juara dunia Lewis Hamilton dan rekan setimnya dari Finlandia, Valtteri Bottas tampil di Grand Prix Austria musim pembuka, Minggu (5/7) mendatang.

Hamilton memuji Toto Wolf dan Mercedes yang dengan senang hati mendukung gerakan melawan rasisme.

“Sangat penting bagi kami untuk memanfaatkan momen ini dan menggunakannya untuk mendidik diri sendiri, apakah Anda seorang individu atau perusahaan yang telah membuat perubahan nyata memastikan kesetaraan dan inklusivitas,” kata Hamilton.

“Saya pribadi, keluarga, dan teman-teman saya adalah korban dari diskriminasi rasial. Saya berbicara dari hati ketika meminta perubahan karena saya adalah korban," lanjutnya. (Mal/BBC)
 

BERITA TERKAIT