30 June 2020, 13:20 WIB

KPU Bengkulu Butuh 4.341 Tenaga PPDP


Marliansyah | Nusantara

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) di sepuluh kabupaten/kota, Provinsi Bengkulu, rekrutmen petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) sebanyak 4.341 orang untuk pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Darlinsyah membenarkan KPU yang ada di wilayah Bengkulu akan merekrut sebanyak 4.341 orang untuk ditugaskan sebagai PPDP.

"Rekrutmen PPDP se-Provinsi sebanyak 4.341 orang harus dilakukan ketat dan profesional karena petugas PPDP ini akan bekerja di lapangan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap mata pilih," kata Darliansyah, Selasa (30/6).

KPU beserta jajarannya, lanjut dia, harus ketat dalam melakukan rekrutmen PPDP dan tetap mengedepankan Peraturan KPU  yang ada serta mekanisme rekrutmen dilakukan melalui usulan calon PPDP dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) kepada KPU kabupaten/kota.

Keanggotaan PPDP dapat berasal dari pengurus Rukun Warga (RW), Rukun Tetangga (RT) atau masyarakat lainnya yang sesuai dengan persyaratan berlaku. PPDP merupakan ujung tombak  dalam validasi mata pilih yang akan melaporkan temuan di lapangan dan diharapkan petugas tersebut bekerja profesional, loyalitas serta integeritas.

baca juga: Cari Calon Wabup, Nasdem Gunung Kidul Terbuka untuk Berkoalisi 

Setelah terbentuk, PPDP sebelum bertugas di lapangan akan diperiksa kesehatannya berupa rapid test covid-19 karena kesehatan menjadi modal utama dalam bekerja di lapangan. PPDP agar bekerja dengan mengedepankan protokol kesehatan seperti pemakaian masker, penutup wajah, membawa hand sanitizer dan lainnya.(OL-3)

BERITA TERKAIT