30 June 2020, 13:19 WIB

Lusa, Anies Bakal Umumkan Hasil PSBB Transisi


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan belum mau mengumumkan hasil Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi. Sebelumnya, ia menyatakan PSBB Transisi fase 1 yang dimulai pada 5 Juni lalu itu akan dievaluasi pada akhir bulan.

Evaluasi akan menentukan Jakarta siap menuju PSBB Transisi fase 2 atau tetap stagnan di fase 1.

"Oh, belum. Kan sampai 2 Juli. Jadi berakhirnya 2 Juli. Nanti kita akan umumkan besok atau lusa tanggal 2," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Selasa (30/6).

Baca juga: Camat Tanah Abang: Pasar Tanah Abang tidak Ditutup

Ia menegaskan masih akan mengumpulkan data-data perkembangan kasus Covid-19 yang terjadi selama sebulan terakhir untuk mengevaluasi PSBB Transisi fase 1.

"Justru, sekarang itu datanya lagi di-update yang terbaru supaya ketika nanti kita mengumumkan dengan informasi yang paling akurat," ungkapnya.

Sementara itu, menurut Keputusan Gubernur No 563 tahun 2020 tentang Pemberlakukan Pelaksanaan/Kegiatan PSBB Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman, dan Produktif, PSBB Transisi akan berakhir pada 2 Juli mendatang.

Selama PSBB Transisi fase 1, Pemprov DKI telah memperbolehkan beberapa segmen untuk aktif kembali setelah sebelumnya di PSBB pratransisi sektor-sektor itu tutup selama tiga bulan.

Namun, ada beberapa sektor yang belum bisa aktif seperti tempat hiburan malam, resepsi pernikahan, industri pameran/penyewaan tempat pertemuan, konser musik, dan olahraga air.

Jika PSBB Transisi fase 1 berjalan baik, Anies berjanji akan membuka sektor-sektor tersebut dan PSBB Transisi berlanjut ke fase 2. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT