30 June 2020, 12:21 WIB

Lagi, Presiden Tegaskan Kesehatan dan Ekonomi Harus Beriringan


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo menegaskan bahwa penanganan sektor kesehatan dan ekonomi menjadi prioritas yang sama. Kedua hal itu harus ditangani secara beriringan supaya terjadi keseimbangan di masyarakat.

"Ini bukan hanya urusan kesehatan, tapi juga masalah ekonomi. Manajemen krisis kesehatan dan ekonomi harus bisa berjalan beriringan," ujar Jokowi saat memberi arahan di Posko Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Jawa Tengah di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (30/6).

Ia mengakui, pada kuartal kedua, pertumbuhan ekonomi nasional bisa menyentuh angka negatif. Namun, itu tidak menjadi alasan bagi oemerintah untuk segera membuka kegiatan ekonomi secara luas tanpa mempertimbangkan aspek kesehatan di masa pandemi.

"Jangan sampai melonggarkan status tanpa sebuah kendali. Mungkin ekonomi bagus, tapi kasus covid naik. Bukan itu yang kita inginkan," lanjutnya.

Baca juga: Soal New Normal, Jokowi: Jangan Dipaksa. Tahapan Harus Disiapkan

Ia mengakui bahwa sekarang, di beberapa daerah, angka pertumbuhan kasus masih terus menanjak. Kondisinya masih sangat dinamis. Oleh karena itu, seluruh kementerian, lembaga dan pemerintah daerah harus bisa bekerja lebih keras lagi, bersinergi dengan baik agar persoalan yang ada bisa segera teratasi.

"Kita harus menjaga jangan sampai muncul gelombang kedua," tuturnya. (A-2)

BERITA TERKAIT