30 June 2020, 12:15 WIB

Pasien Sembuh Covid-19 di Riau Terus Meningkat


Rudi Kurniawansyah | Nusantara

JUMLAH pasien positif covid-19 di Riau yang sembuh dan kembali dipulangkan ke rumah terus bertambah. Hingga Selasa (30/6) pagi, terdapat penambahan 27 pasien covid-19 yang dinyatakan dan sembuh sehingga total pasien sembuh mencapai 166 orang. 

"Namun juga terdapat penambahan 2 kasus positif covid-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Selasa (30/6).

Ia menjelaskan, dengan penambahan itu saat ini tercatat total sebanyak 226 kasus positif dengan 50 dirawat, 166 sembuh dan sudah dipulangkan, dan 10 meninggal dunia. Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) yang masih dirawat berjumlah 226 pasien, PDP negatif covid-19 dan dipulangkan berjumlah 1.623 orang, dan PDP meninggal dunia berjumlah 183 orang.

Menurut Mimi, kabar baik yang patut disyukuri adalah adanya penambahan 27 pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh. Puluhan pasien itu sebagian besar berasal dari Kabupaten Indragiri Hilir, dan Kuantan Singingi.

"Adapun sampai hari ini, Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad telah memeriksa 9.623 spesimen sampel swab," ujarnya.

Mimi menambahkan, meskipun PSBB sudah berakhir dan pemerintah merencanakan menerapkan new normal atau adaptasi kehidupan baru dengan tujuan mempercepat penanganan covid-19 dalam aspek kesehatan dan sosial ekonomi. Masyarakat tetap diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

baca juga: Pemerintah Harus Optimalkan Anak Muda Cegah Covid-19

"Pakai masker bila keluar rumah dan di tempat kerja. Selalu menjaga jarak (physical distancing). Dan sering mencuci tangan pakai sabun," ungkapnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kewaspadaan. Walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang ditemui itu negatif covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Maka pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian.(OL-3)

BERITA TERKAIT