30 June 2020, 11:30 WIB

Presiden: Segera Salurkan Anggaran secara Cepat


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo kembali mengingatkan kepada para menteri, pimpinan lembaga negara serta kepala daerah untuk segera menyalurkan anggaran yang telah disiapkan untuk percepatan penanganan covid-19 di bidang kesehatan.

Hal tersebut sangat penting dilakukan demi memperlancar peredaran uang sehingga mampu memacu daya beli masyarakat.

Untuk memastikan anggaran tersalurkan dengan baik, Jokowi pun memantau perkembangan kinerja kementerian/lembaga setiap hari.

"Sekarang saya pantau setiap hari. Saya sekarang tahu setiap hari kementerian ini sudah keluar berapa persen, lembaga ini sudah keluar berapa persen, kalau masih rendah saya telepon langsung saya tegur menterinya atau kepala lembaganya," ujar Jokowi saat memberi arahan di Posko Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Jawa Tengah di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (30/6).

"Karena memang jangan kita biarkan uang yang beredar ini semakin kering dan sedikit. Kita harus terus belanja, kita dorong agar peredaran uang di masyarakat semakin banyak," tambahnya.

Baca juga: Presiden Tinjau Posko Penanganan Covid-19 di Jateng

Tidak hanya belanja untuk bidang kesehatan, Jokowi juga meminta penyaluran bantuan sosial semakin dipercepat.

"Ini penting agar jaring pengaman sosial bagi warga kita terpenuhi terutama yang memang terkena dampak dari covid-19," tuturnya.

Terkait sektor ekonomi, kepala negara juga mengatakan pentingnya pemberian stimulus bagi para pelaku usaha terutama untuk golongan mikro, kecil dan menengah.

"Ini betul-betul harus kita lihat lapangannya. Anggaran untuk ini juga disiapkan. Pemerintah pusat menyiapkan, pemerintah provinsi menyiapkan, pemerintah kabupaten/kota menyiapkan. Ini berlapis agar tidak ada yang tercecer," jelas Presiden. (A-2)

BERITA TERKAIT