30 June 2020, 03:40 WIB

Kota Semarang dan Demak masih Masuk Zona Merah


Haryanto | Nusantara

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan saat ini masih ada dua daerah di Jawa Tengah yang masih masuk zona merah Covid-19. Di samping itu ada 11 daerah yang dianggap masih membutuhkan perhatian khusus.

"Ada dua, Kota Semarang dan Kabupaten Demak. Tetapi kita punya catatan sendiri yang juga masih kita awasi di samping dua daerah itu. Total ada 11 daerah yang kami anggap masih butuh perhatian khusus meskipun secara petanya sudah kategori sedang," kata Ganjar seusai rapat evaluasi penanganan Covid-19 di gedung A Lantai 2 Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin (29/6).

Mengenai masih adanya daerah-daerah yang memerlukan perhatian khusus, terutama yang masih zona merah, ada beberapa upaya yang dilakukan Gugus Tugas. Di antaranya adalah meningkatkan target rapid test dan meningkatkan PCR test.

Menurut Ganjar, untuk PCR test beberapa tempat yang sudah ada semuanya relatif siap. Namun, RSUP dr Kariadi membutuhkan satu alat atau mesin yang canggih karena alat yang ada saat ini merupakan tipe lama.

"RSUP dr Kariadi butuh alat mesin yang canggih karena tenaganya ada, tempatnya ada, ya sudah nanti kita bantu. Terus karena RSUP Kariadi ini menjadi rumah sakit rujukan, tadi kita putuskan juga untuk segera gedung barunya dibuka. Tinggal sentuhan akhir dan kita siap bantu," ungkap Ganjar. (R-1)

 

BERITA TERKAIT