30 June 2020, 03:10 WIB

Petugas Negatif Covid-19, Puskesmas Guluk-Guluk Kembali Dibuka


Mohammad Ghazi | Nusantara

SATGAS Covid-19 Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menyatakan akan membuka satu dari tiga Puskesmas yang sebelumnya sempat ditutup sementara. Puskesmas yang akan dibuka itu adalah Pukesmas Guluk-Guluk. Sementara dua Puskesmas lainnya, yakni Bluto dan Batang-Batang masih tetap ditutup sementara.

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumenep, Ferdiansah Tetrajaya mengatakan pemeriksaan swab terhadap tujuh orang tenaga medis di Puskesmas Guluk-Guluk hasilnya negatif sehingga tidak dikawatirkan menjadi media penularan Covid-19.

"Kami sudah mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan membuka kembali Puskesmas Guluk-Guluk," kata Ferdiansah, Senin (29/6).

Diantara pertimbangan itu adalah dampak penutupan terhadap kebutuhan layanan kesehatan masyarakat untuk keadaan darurat yang tidak bisa dilayani bidan desa maupun pos layanan kesehatan desa (poskesdes) serta jauhnya jarak dengan rumah sakit terdekat.

Sebelumnya, puskesmas tersebut ditutup setelah tujuh tenaga medis dinyatakan reaktif dari hasil rapid tes. Penutupan dilakukan untuk mengantisipasi penularan Covid-19. Sementara Puskesmas Bluto dan Batang-Batang ditutup sementara setelah terdapat dokter dan perawat yang dinyatakan positif. (R-1)

BERITA TERKAIT