30 June 2020, 02:05 WIB

Kota Sukabumi Jadi Zona Hijau Korona


Bayu Anggoro | Nusantara

GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumkan adanya satu daerah di wilayahnya yang masuk kategori zona hijau atau terbebas dari virus korona (covid-19). Dengan begitu, menurutnya berbagai kegiatan termasuk aktivitas fisik belajar mengajar di sekolah sudah bisa dilakukan.

"Saya ucapkan selamat kepada Kota Sukabumi karena berhasil meningkatkan indeks-indeks, wilayah pertama  yang menjadi zona hijau versi gugus tugas covid kami," kata Ridwan Kamil, Senin (29/6).

Lebih jauh Ridwan Kamil; menegaskan, Kota Sukabumi sudah bisa memulai aktivitas fisik di sekolah karena sesuai dengan aturan yang berlaku bagi daerah di zona hijau. "Saya tugaskan gugus tugas (Jawa Barat) untuk mengawal, tanpa mengurangi kewaspadaan," ujarnya.

Terlebih, ia tidak ingin adanya gelombang kedua covid yang berasal  dari sekolah yang seperti terjadi di sejumlah negara. "Jangan lengah,  belajar dari negara lain," ucapnya.

Meski begitu, Ridwan Kamil mengakui terdapat kabupaten/kota di wilayahnya yang kondisinya memburuk. Terdapat sejumlah daerah yang levelnya menurun dari zona biru menjadi kuning. "Saya belum bisa sebutkan daerahnya, kami mau rapat dulu," katanya.

Karena itu, dia memastikan pihaknya terus berupaya dalam mencegah penularan virus korona, salah satunya dengan memperbanyak tes kepada masyarakat.

Selain rapid tes, Ridwan Kamis menyebut saat ini pihaknya sudah mampu melakukan tes PCR sebanyak 2.000 per hari. "Jadi setiap minggu bisa 14 ribu PCR test," ucapnya.

Secara keseluruhan, menurut dia pihaknya sudah menggelar tes PCR sebanyak 78.108. Sejumlah lokasi seperti pasar tradisional, tempat
wisata, serta terminal dan stasiun menjadi prioritas untuk dilakukan pengetesan tersebut. "Targetnya masih itu, pasar. Kami upayakan 100%, semua pasar bisa dites," ujarnya. (R-1)

 

BERITA TERKAIT