30 June 2020, 00:30 WIB

Stadion Manahan Siap Berbenah Hadapi Piala Dunia U-20


Widjajadi | Sepak Bola

STADION Manahan Solo dipastikan menjadi satu dari enam stadion yang ditunjuk resmi menjadi venue Piala Dunia U-20 2021. Kepastian ini membuiat Pemkot Solo akan melakukan pembenahan fasilitas yang dibutuhkan.

"Ini sesuatu membanggakan. Karena itu, meski dalam suasana pandemi korona, Pemkot berusaha mempersiapkan diri untuk membenahi fasilitas yang dibutuhkan," ungkap Walikota FX Hadi Rudyatmo, Senin 29/6).

Rudyatmo mengatakan, secara fisik, seluruh venue yang dibutuhkan untuk keperluan pelaksanaan Piala Dunia U-20 dipastikan siap. Ia menyebut Stadion Manahan sudah siap secara fisik sebagaimana yang disyaratkan FIFA.

Sementara untuk lapangan yang menjadi pendukung latihan tim peserta,  telah ditentukan dan segera dibenahi. Sebagian menggunakan dana APBD dapat dianggarkan pada awal 2021.

Lebih jauh diungkapkan Rudy, jika tidak ada pandemi Covid-19, sudah dapat dibangun lima lapangan pendukung untuk latihan tim peserta mulai tahun ini. " etapi dampak refokusing pengaruhnya cukup besar di Solo," imbuh dia.

Karena itu, demi progres yang jelas, Pemkot secepatnya melakukan komunikasi dengan PSSI, untuk mendapatkan kejelasan, apa yang harus dikerjakan dan apa yang harus dilakukan oleh PSSI.

Terkait pengerjaan lima lapangan pendukung untuk latihan, bisa dilakukan cepat karena fisiknya tidak terlalu berat. Kelima lapangan pendukung itu adalah lapangan Sriwaru, Banyuanyar, Stadion Sriwedari, Kotabarat, dan Karangasem. Anggaran yang dibutuhkan hampir Rp80 miliar untuk memperbaiki rumput, ruang ganti, drainase, lampu, dan prasarana lainnya.

"Jika dimulai Juli 2020, maka awal 2021 bisa selesai. Sementara untuk shelter sekitar  Stadion Manahan tidak masalah jika ada pertandingan diliburkan dahulu atau dicarikan tempat lain untuk berjualan sementara," terang Rudy.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sebelumnya telah menetapkan enam stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 pada 2021. Keenam stadion tersebut yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar). (R-1)

BERITA TERKAIT