29 June 2020, 23:37 WIB

Jakarta International Stadium bakal Jadi Ikon Ibu Kota


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

KETUA DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengungkapkan progres pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) yang berada di Kawasan Sunter Agung, Jakarta Utara baru 23,63%.

Ia menyebut tempat tersebut bakal menjadi ikon Ibu kota. Pihaknya mendorong PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai pelaksana untuk memperhatikan fasilitas penunjang lainya yang ada di stadion tersebut.

Baca juga: Lanjutkan LRT Hingga Stadion BMW, Jakpro Butuh Rp4,1 Triliun

“Ini salah satu ikon Jakarta. Jangan hanya pikirkan stadionnya, tapi pikirkan juga akses menuju ke sananya, seperti pelebaran jalan," kata Prasetyo dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (29/6).

Menurut Prasetyo, tempat tersebut dapat dijadikan fasilitas olahraga bagi masyarakat dengan gratis. Stadion JIS juga nantinya bisa menjadi ruang terbuka hijau.

"Bisa membuat orang nyaman saat ke stadion dan jadi tempat wisata juga. Turun dari transportasi bisa menikmati taman dan menghirup udara segar. Ini membuat orang sehat juga,” tutur politikus PDI Perjuangan itu.

Di sisi lain, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Daryoto mengaku telah melakukan simulasi lalu lintas apabila sudah beroperasi tahun 2022 mendatang.

Baca juga: Pelatakan Batu Pertama Stadion BMW Digelar Besok

Pihaknya bakal berkoordinasi dengan PT Pembangunan Jaya Ancol untuk membuat park and ride bagi para penonton pertandingan sepak bola ataupun ingin berwisata ke stadion bertaraf internasional itu.

“Kami sudah lakukan simulasi untuk lalu lintas, tapi konsepnya stadion kita harus mengoptimalkan publik transportasi. Jadi nanti kita bikin park and ride di Ancol. Semua bus penonton parkirnya di sana," jelas Dwi.

Rencananya, beberapa fasilitas harus berbayar seperti jogging track, flying fox, panjat dinding atau walk climbing dan terjung lenting atau bungee jumping. (Ins/A-3)

BERITA TERKAIT