29 June 2020, 21:13 WIB

Jakbook Fair Online Diikuti 90 Penerbit dan 31 Ribu Judul Buku


mediaindonesia.com | Megapolitan

DENGAN merebaknya pandemi Covid-19, Jakarta Book Fair (Jakbook) kembali digelar dengan nama yang berbeda dari tahun sebelumnya dan menjadi Jakarta Book (Jakbook) Fair Online 2020.

Sebagai penyelenggara Jakbook Online 2020, Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) DKI Jakarta menggandeng Republika dan Shopee, perusahaan e-commerce, untuk memberikan akses mudah terhadap para pengguna di seluruh Indonesia terhadap rangkaian pilihan buku dari berbagai penerbit dan mitra brand tanpa harus keluar rumah.

Dalam sambutannya, Senin (29/6), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan Jakarta Book Fair Online 2020 yang dikerjakan kolaborasi IKAPI dengan marketplace Shopee.   

“Ini menjadi unik karena Jakarta sedang menghadapi pandemi, Jakbook yang biasanya diselenggarakan IKAPI DKI Jakarta secara rutin  punya tantangan karena jaga jarak menjadi sesuatu yang amat sulit dilakukan. Karena itu, ketika dilakukan secara online saya menyambut baik,” ujar Anies.

Anies juga mengatakan bahwa pameran buku ini kesempatan untuk meningkatkan kemampuan literasi, menumbuhkan minat baca, juga menambah ilmu pengetahuan.

Ia menambahkan, pameran buku harus terus tetap dikerjakan. “Saya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan Jakarta Book Fair Online 2020 yang akan diselenggarakan 29 Juni-2 Juli 2020,” ujarnya.

“Kepada IKAPI DKI Jakarta dan Shopee saya sampaikan terima kasih, dan mengapresiasi atas upayanya telah mendorong kegiatan ini untuk tetap berlangsung. Dan berharap  dapat memberikan manfaat bagi semuanya,” harap Anies.

Hikmat Kurnia, Ketua IKAPI DKI mengatakan,“Kami senang sekali dapat berkolaborasi dengan Shopee dalam menghadirkan pameran Shopee Jakarta Book Fair Online.”

“Di tengah kondisi seperti ini, sangat penting bagi kami untuk menghadirkan suatu inisiatif guna memberikan wadah yang dapat mempertemukan konsumen di seluruh Indonesia dengan rangkaian karya terbaik dari penerbit dan mitra terpercaya,” ujar Hikmat.

Kegiatan ini, menurut Kurnia, merupakan respons atas kebutuhan para penerbit untuk membuka peluang pasar yang lebih luas melalui daring. Kebutuhan itu ditanggapi Shopee secara baik sehingga pameran online ini bisa terwujud.

Sebanyak 90 penerbit yang berpartisipasi, 31 ribu judul buku dan lebih dari 900 ribu eksemplar yang disiapkan para penerbit selama Jakbook Fair Online 2020 berlangsung.

“Kami berharap kerja sama dengan Shopee dan Republika dapat memperluas jangkauan karya-karya penerbit, mendukung perekonomian Indonesia dan meningkatkan literasi serta budaya membaca,” paparnya.

Radityo Triatmojo, Head of Public Policy & Government Relations Shopee Indonesia mengatakan, "Kami senang sekali dapat bekerjasama dengan IKAPI dalam menghadirkan Jakarta Book Fair Online 2020.”

“Sejalan dengan komitmen Shopee untuk mendukung konsumen dalam menjalankan the new normal, kami berupaya untuk memenuhi kebutuhan pengguna serta menciptakan pengalaman belanja online terbaik, salah satunya dengan menghadirkan kampanye Jakarta Book Fair Online 2020,” papar Radityo. (RO/OL-09)

 

BERITA TERKAIT