29 June 2020, 18:44 WIB

PSSI Sebut 6 Stadion Piala Dunia U-20 Ditentukan FIFA


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

KETUA Umum PSSI Mochamad Iriawan menjelaskan 6 stadion yang menjadi venue Piala Dunia U-20 2021 akan ditentukan oleh FIFA.

Sebelumnya, Iwan, sapaan akrabnya telah menunjuk enam stadion yang menjadi penyeleggara event dua tahunan itu. Enam stadion tersebut, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali.

Namun, Iwan mengatakan hal itu adalah rekomendasi dari pihaknya dan FIFA nantinya yang akan memutuskan.

"Kalau stadion nanti FIFA yang tentukan. Pemerintah tinggal diberi tahu. Kita keluarkan list 6 itu untuk bisa akselerasi pembangunan oleh Kementerian PUPR. Jadi, kami berikan surat ke FIFA. Kami jelaskan ke PUPR bahwa kita merekomendasikan 6 ini," kata Iwan, Senin (29/6).

Iwan mengatakan penunjukan 6 stadion itu dipilih setelah melalui pertimbangan. Ia mengatakan stadion-stadion itu telah menghelat event internasional dan dilengkapi fasilitas penunjang yang memadai, seperti Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Selain itu, Stadion I Wayan Dipta juga berada di Bali yang merupakan di daerah wisata yang menjadi daya tarik tersendiri.

"Saya rasa tidak ada masalah soal itu (rekomendasi)," ujar Iwan.

Kementerian Pemuda dan Olahraga sempat mempertanyakan penunjukan 6 stadion Piala Dunia U-20 2021 oleh PSSI.

Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto menilai PSSI telah melakukan klaim sepihak, karena FIFA yang berwenang menentukan stadion tersebut.

Menanggapi hal itu, Iwan mengatakan pihaknya telah mengirim surat kepada Kemenpora mengenai 6 stadion itu sebagai rekomendasi kepada FIFA.

"Kami sudah kirimkan surat dari Pak Sekjen (Yunus Nusi) tembusannya ke Kemenpora, kalau stadion nanti FIFA yang menentukan," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT