29 June 2020, 16:10 WIB

Karhutla Landa Lahan Gambut Pelalawan


Rudi Kurniawansyah | Nusantara

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) mulai melanda kawasan gambut di sekitar Kecamatan  Bandar Petalangan dan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Riau, kemarin (29/6). Kebakaran terjadi seiring dengan meningkatnya titik panas di Pelalawan  Tercatat ada 26 titik api atau sebanyak 41 titik panas untuk Riau.

"Secara keseluruhan untuk titik api di TKP (tempat kejadian perkara) karhutla Bandar Petalangan dan Bunut, Kabupaten Pelalawan sudah berhasil dipadamkan. Untuk penyebab terjadinya kebakaran masih dalam proses lidik (penyelidikan) oleh Polsek Bunut dan Sat Reskrim Polres Pelalawan, serta memasang plang dan police line di TKP terjadinya Karhutla," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Komisaris Besar (Kombes) Sunarto di Pekanbaru, Senin (29/6).

Baca juga: 34 Penghuni Panti Jompo di Rembang Terpapar Covid-19

Menurut Sunarto, pada saat api berkobar, petugas kepolisian sudah sampai ke TKP. Namun polisi masih menyelidiki siapa pemilik lahan, luas yang terbakar, dan penyebab dari karhutla.

"Saya sangat menghargai upaya yang dilakukan semua petugas yang sudah berjibaku memadamkan di lapangan. Semoga Tuhan mencatat kebaikan mereka. Saat muncul api, anggota ke TKP. Karhutla diduga terjadi karena kondisi alam atau cuaca," jelasnya.

Sementara berdasarkan pantauan satelit terra dan aqua yang dilansir Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru pada pukul 06.00 WIB, Senin (29/6), terpantau sebanyak 127 titik panas di Sumatra.

Ratusan titik panas tersebar di 10 provinsi, yaitu Aceh 2 titik, Sumatra Utara 33 titik, Sumatra Barat 4 titik, Jambi 5 titik, dan Bengkulu 5 titik. Selain itu, Sumatra Selatan 19 titik, Bangka Belitung 8 titik, Kepulauan Riau 2 titik, Lampung 8 titik, dan Riau 41 titik.

Adapun 41 titik panas di Riau. Rinciannya di Pelalawan sebanyak 26 titik, Dumai 2 titik, Kampar 7 titik, Siak sebanyak 4 titik, Kuantan Singingi dan Indragiri Hilir dengan masing-masing sebanyak 1 titik panas. (OL-14)

 

 

BERITA TERKAIT